SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Hasil penelitian terbaru menyebutkan mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Solopos.com, SOLO – Penelitian terbaru menyebutkan rutin mengonsumsi sedikitnya sekali dalam sepekan dapat meningkatkan Intelligence Quotient (IQ) dan memperbaiki kualitas tidur anak-anak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peneliti dari University of Pennsylvania melakukan studi pada 541 anak usia sembilan sampai 11 tahun. Mereka menguji hubungan antara omega-3, asam lemak yang ada pada banyak jenis ikan, dan inteligensia dan tidur yang lebih baik.

Anak-anak yang meliputi 54 persen lelaki dan 46 persen perempuan itu disurvei mengenai konsumsi ikan mereka dalam sebulan terakhir sementara orang tua mereka ditanya tentang kualitas tidur anak-anak saat malam dan siang.

Anak-anak lelaki dan perempuan itu juga diminta menjalani tes IQ untuk menguji kemampuan verbal dan non-verbal.

Para peneliti mendapati anak-anak yang setiap pekan makan ikan skor tes IQ mereka 4,8 poin lebih tinggi dibanding mereka yang “jarang” atau “tidak pernah” makan ikan.

Bahkan anak-anak yang hanya kadang makan bisa mendapat skor tes IQ hingga 3,3 poin lebih tinggi menurut studi yang dikutip kantor berita Antara dari Xinhua, Selasa (26/12/2017).

Penelitian tersebut juga menyebutkan anak-anak yang mengonsumsi ikan lebih banyak dalam diet mereka dilaporkan lebih sedikit mengalami gangguan tidur dan secara keseluruhan kualitas tidurnya lebih baik menurut studi yang hasilnya disiarkan di Scientific Reports edisi terkini jurnal Nature.

“Kurang tidur berhubungan dengan perilaku anti-sosial; kognisi yang buruk berhubungan dengan perilaku anti-sosial,” kata Adrian Raine, profesor dari Penn Integrates Knowledge, University of Pennsylvania, yang terlibat dalam studi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya