SOLOPOS.COM - Ilustrasi ciuman (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, AMSTERDAM – Ilmuwan asal Belanda, Remco Kort, mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan. Dalam sebuah penelitian dikemukakan berciuman selama selama 10 detik, diperkirakan 80 juta kuman berpindah tempat dari satu orang ke orang lain.

“Kami ingin mengetahui sejauh mana partner saling bertukar mikrobiota, dan ternyata, makin sering pasangan berciuman, makin sama mikrobiota dalam tubuhnya,” kata sang ilmuwan, Remco Kort dari Netherlands Organisation for Applied Scientific Research seperti dilansir Dailymail, Senin (17/11/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, para ilmuwan punya penjelasan bahwa perpindahan kuman tersebut tidak selalu membahayakan. Bahkan, para ilmuwan menilainya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih kebal terhadap penularan penyakit tertentu.

Ekspedisi Mudik 2024

Kort mengungkap fakta tersebut setelah mengamati 21 pasangan yang berciuman. Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Microbiome, Kort mengatakan bahwa para pasangan cenderung mempunyai komposisi mikrobiota yang mirip.

Tidak semua dari mikrobiota tersebut adalah kuman berbahaya. Sebagian di antaranya adalah kuman baik yang justru meningkatkan kekebalan tubuh terhadap risiko penularan penyakit tertentu, yang tidak dirinci secara detail oleh Kort.

Normalnya, menurut Kort, manusia mempunyai miliaran bakteri di tubuhnya. Bersama-sama, bakteri tersebut membentuk mikrobiota atau sekumpulan kuman yang sebagian di antaranya memegang peran penting dalam sistem imun dan sistem pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya