SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan sendirian (Popsugar.com)

Hasil penelitian kali ini tentang dampak buruk makan sendirian yang membuat seseorang gemuk.

Solopos.com, SOLO – Manusia adalah makhluk sosial. Itulah sebabnya seseorang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Terbukti, seseorang akan merasa sangat stres saat kesepian. Selain itu, kesepian ternyata berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Boldsky, Minggu (5/11/2017), kesepian meningkatkan risiko obesitas. Menurut hasil penelitian yang dilakukan tim medis Rumah Sakit Ilsan, University of Dongguk, Seoul, Kora Selatan, kesepian membuat seseorang terkena sindrom metabolik. Istilah ini dipakai untuk menyebut mereka yang mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Periset meneliti sekitar 7.725 orang dewasa yang makan sendirian. Hasil penelitian itu menyebutkan makan sendirian meningkatkan risiko obesitas sebanyak 45 persen dan 64 persen terkena sindrom metabolik. Periset juga menyebut pria yang makan sendiri dua kali lebih mudah terserang penyakit daripada wanita.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Obsity Research and Clinical practice. Hasilnya, seseorang yang kesepian dan mengalami gangguan mental bakal makan lebih banyak sebagai pelarian. Kondisi ini akan semakin parah jika dia makan sendirian. Sebab, tidak akan ada orang yang mengontrol, sehingga dia merasa bebas melahap apapun yang tersaji di depannya. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menimbulkan masalah pada kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya