SOLOPOS.COM - Prancis selamat dari degradasi ke Liga B meski pada laga terakhir Grup 1 Liga Nations 2022/2023 dikalahkan Denmark 0-2. (uefa.com)

Solopos.com, JAKARTA—Kroasia dan Belanda tak terbendung melangkah ke semifinal Liga Nations 2022/2023 setelah memangkan pertandingan pada matchday keenam Liga A, Senin (26/9/2022) dini hari WIB. Sementara itu juara bertahan Prancis selamat dari degradasi dari Liga A.

Prancis takluk 0-2 dari Denmark pada penyisihan terakhir Grup 1 dan hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan. Namun kemenangan 3-1 Kroasia atas Austria menyelamatkan sang juara dunia dari degradasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Less Bleus pun berada di posisi ketiga Grup 1 dengan poin 5, unggul satu poin dari Austria di peringkat empat sekaligus terdegradasi ke Liga B musim depan. Kroasia memimpin grup dengan poin 13 dan Denmark di urutan kedua dengan poin 12.

Baca Juga: Hasil Matchday 5 Liga Nations: Belanda di Ambang Lolos Semifinal

Pelatih Prancis Didier Deschamps sangat berharap pemain-pemain kuncinya kembali dari cedera untuk mempertahankan trofi Piala Dunia ketika mereka mengawali Piala Dunia 2022 dengan melawan Australia pada 22 November.

Mereka juga akan menghadapi Denmark dalam babak penyisihan grup di Qatar 2022. Denmark yang merupakan semifinalis Euro 2020 menunjukkan lebih dari sekadar mampu menyebabkan masalah bagi Prancis dalam waktu dua bulan nanti.

Denmark menciptakan dua gol sebelum turun minum saat Kasper Dolberg meneruskan umpan silang Mikkel Damsgaard sebelum Andreas Skov Olsen melepaskan tendangan voli dari tepi kotak penalti.

Baca Juga: Prancis 2-0 Austria: Mbappe dan Giroud Bawa Les Bleus Keluar dari Juru Kunci

Prancis bermain tanpa Hugo Lloris, Jules Kounde, N’Golo Kante, Paul Pogba dan Karim Benzema karena cedera. Namun trio bintang Antoine Griezmann, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe gagal membawa mereka menghidupkan permainan dan peluang.

Kemenangan Denmark membuat Kroasia diharuskan mencuri tiga poin di Austria untuk memuncaki grup. Luka Modric membawa finalis Piala Dunia 2018 itu unggul lebih dulu, tetapi segera disamakan oleh sundulan Christoph Baumgartner.

Dua gol dalam jangka tiga menit pada babak kedua yang disarangkan Marko Livaja dan Dejan Lovren menjadi penentu kemenangan Kroasia.

Baca Juga: Selamat! Prancis Juara UEFA Nations League 2021

Sementara itu Belanda memastikan posisi teratas Grup 4 setelah menang tipis 1-0 atas Belgia berkat sundulan Virgil van Dijk pada 17 menit menjelang pertandingan ini usai.

Belanda hanya perlu menghindari kekalahan dengan selisih tiga gol setelah sebelumnya menang 4-1 di Brussel dalam grup yang sama.

Belgia berusaha bangkit tetapi Van Dijk menyelesaikan pertandingan ini ketika pemain-pemain Belgia membuatnya tak terkawal untuk menyundul tendangan sudut dari jarak enam yard.

Baca Juga: Spanyol ke Final UEFA Nations League, Tunggu Pemenang Belgia vs Prancis

Di grup yang sama, Wales terdegradasi setelah menyerah 0-1 di kandang sendiri kepada Polandia.

Karol Swiderski mencetak gol semata wayang dalam laga yang berlangsung di Cardiff itu setelah mendapatkan umpan terobosan dari Robert Lewandowski, demikian seperti dilansir Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya