SOLOPOS.COM - Kontingen Indonesia yang terdiri dari atlet dan official membawa bendera Merah Putih melintas saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. APG XI 2022 yang diselenggarakan mulai 31 Agustus hingga 6 Agustus 2022 resmi ditutup. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Pencapaian kontingen Indonesia di ASEAN Para Games (APG) 2022 menjadi yang terbesar dalam sejarah sejak 2001. Tim Merah Putih mendulang 425 medali dengan perincian 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam laporannya kepada Presiden Jokowi pada upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Shenny Marbun, beserta jajarannya yang telah mempersiapkan para atlet secara keras. Kita meraih prestasi 175 emas. Ini merupakan jumlah medali emas terbanyak yang dihasilkan sepanjang keikutsertaan Indonesia di event ini sejak pertama kali dilangsungkan pada 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia,” kata dia.

Menpora Amali juga berterima kasih atas perjuangan, semangat tanpa menyerah, dan suportivitas yang ditunjukkan oleh para atlet. Apa yang diperlihatkan ini menurutnya telah menginspirasi banyak orang selama penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini berlangsung.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022 Ditutup, Jokowi: Terima Kasih Solo dan Sekitarnya

“Terima kasih kami sampaikan juga kepada CdM Andi Herman yang juga kepala Kejaksaan Tinggi yang telah memenuhi target, bahkan melampaui perhitungan awal yang dijanjikan yakni 104 emas menjadi 175 emas. Pencapaian yang luar biasa,” imbuh dia.

Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang bertemakan striving for equality di Kota Solo ini telah diikuti oleh 1.907 orang yang terdiri dari 1.248 atlet dan 659 ofisial. Mempertandingkan 14 cabang olahraga, dengan 57 nomor pertandingan serta memperebutkan 1260 medali emas, perak, dan perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya