SOLOPOS.COM - Tim dokter kepresidenan harus siap berjaga saat Presiden dan stafnya bertugas di Soloraya. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tim dokter kepresidenan dibentuk untuk memastikan kondisi kesehatan Presiden beserta stafnya selalu dalam keadaan optimal.

Hal itu bertujuan menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Presiden dan staffnya. Tim dokter akan senantiasa mendampingi ketika Presiden maupun stafnya sedang berkegiatan dan menghadiri suatu acara sehingga penanganan kesehatan yang tepat dan paripurna dapat segera diberikan. Tim ini berada di berbagai daerah sesuai kebutuhan, di Kota Solo salah satu yang tergabung dalam tim ini adalah Dr R. Th Supraptomo, dr., Sp. An (K).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Tim kami akan selalu standby jika Presiden dan stafnya sedang ada kunjungan di Soloraya, kami juga membawa ambulans pada setiap kegiatannya. Jika ada keluhan kesehatan, maka akan kami atasi segera dan jika diperlukan penanganan lebih lanjut maka akan kami bawa ke RSUD Dr Moewardi,” jelas Dr. R. Th Supraptomo, dr., Sp. An (K) dalam rilis yang diterima solopos.com.

Baca Juga: Presiden Jokowi Apresiasi Capaian Vaksinasi Boyolali, Ini Pesannya

Selain itu, tim dokter juga standby jika Presiden sedang pulang ke Solo, tim akan berjaga di pos yang terletak di dekat kediaman Presiden.

Anggota dari tim dokter kepresidenan Solo terdiri dari 4 orang, yang tersusun dari dokter spesialis anestesi, dokter spesialis bedah, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dan dokter spesialis penyakit dalam.

“Dokter-dokter tersebut berasal dari berbagai rumah sakit di Surakarta, seperti RSUD Moewardi, RSUD Surakarta, dan RS DKT,” ujar Supraptomo.

Baca Juga: Temui Presiden COP26 UK, Menko Airlangga Bahas Transisi Energi

Pemilihan anggota tim ini dilakukan berdasar instruksi dari tim dokter kepresidenan pusat yang kemudian menunjuk RS DKT untuk memilih tim dokter di Solo.

Menurut Supraptomo, perbedaan yang paling dirasakan dibanding menjadi dokter di rumah sakit dan sekaligus menjadi tantangan adalah karena tim dokter kepresidenan harus senantiasa disiplin dan tepat waktu.

Tim dokter harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan siap berjaga tanpa boleh meninggalkan lokasi hingga kunjungan selesai.

Baca Juga: Persiapan Lokasi Rencana Kemah Presiden Jokowi di Titik Nol IKN Kaltim

Saat ditanya mengenai kesan pesan selama menjadi tim dokter kepresidenan, Supraptomo merasa hal ini adalah salah satu kesempatan sebagai dokter ikut berkontribusi untuk negara.

“Saya sangat senang dapat ikut serta menjadi tim dokter kepresidenan, karena dengan membantu menjaga kesehatan Presiden dan stafnya, kami dapat ikut berkontribusi membaktikan diri kepada negara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya