SOLOPOS.COM - Ilustrasi online atau daring. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Meski jadwal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun pelajaran 2022/2023 baru dimulai 20 Juni 2022, beberapa sekolah swasta di Solo telah kebanjiran pendaftar.

Seperti diberitakan sebelumnya, satuan pendidikan swasta telah mendahului membuka pendataan calon peserta didik (CPD) untuk tahun pelajaran 2022/2023 sejak 2021 lalu. Gelombang pendaftaran yang dimulai tahun sebelumnya biasa disebut gelombang inden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekolah-sekolah swasta telah mencatat adanya CPD yang sudah mulai mendaftarkan diri. Misalnya Pusat Pendidikan Al Azhar Syifa Budi (ASB) Solo. Meski belum mencapai 100 persen dari kuota yang disediakan setidaknya sudah ada kelas yang penuh.

“Belum mencapai 100 persen. Ada beberapa unit, TK A sudah dua kelas terpenuhi, SD dari empat kelas kelas baru tiga terpenuhi. SMP dan SMA kurang sedikit lagi. Ya bisa dibilang 80 persen,” terang Kepala Humas Al Azhae Syifa Budi Solo, Eko Wardana, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/6/2022).

Menurut Eko, tidak ada kenaikan biaya pendidikan yang signifikan bagi pendaftar sekolah swasta Kota Solo tersebut. Dari tahun pelajaran 2021/2022 menuju 2022/2023, Eko mengatakan kenaikan paling banyak Rp500.000.

Baca Juga: PPDB Sekolah Negeri Solo Dimulai Juni, Swasta Sudah Sejak Tahun Lalu

“Kalo di Al Azhar Syifa Budi kenaikannya enggak signifikan ya. Paling Rp500.000-an. Karena dampak pandemi ya masih,” jelasnya. Gelombang II PPDB ASB Solo 2022/2023 masih dibuka sampai 30 Juni 2022.

Namun sudah tidak ada potongan biaya pada gelombang II PPDB. Besaran total biaya pendidikan di masing-masing unit berbeda. Eko menyebutkan besaran biaya pendidikan dari TK hingga SMA yakni Rp9 juta hingga Rp19 juta.

“Besaran biaya masing-masing unit beda. Misalnya TK sekitar Rp9 juta-Rp 10 juta, SD Rp17 juta, dan SMP sekitar Rp19 juta. Lalu SMA Rp18 juta dapat chromebook untuk siswa belajar,” tuturnya.

Sementara itu, sekolah swasta lainnya yakni SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat Solo, mencatat sudah ada 60 pendaftar dari 84 kuota yang disediakan per Rabu ini. Hal itu diungkapkan Humas SD Muhammadiyah PK Kota Barat Solo, Muhammad Arifin.

Baca Juga: PPDB SMP Solo Jalur Khusus Olahraga Sudah Dibuka, Cek Syarat Daftarnya

Biaya Pendidikan

Dia mengatakan ada tiga rombongan belajar (rombel) yang disediakan dengan kuota maksimal 28 siswa per rombel. “Kuota tiga rombel, kelas A, B, C. Per kelas maksimal 28 murid. Sejauh ini masih dinamis ya. Kita sudah ada sekitar 60-an pendaftar,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (1/6/2022).

Ada tiga gelombang pendaftaran yang disediakan oleh SD Muhammadiyah PK Kota Barat. Pendaftaran masih terus dibuka selama kuota siswa belum terpenuhi. “Tiga gelombang. Prinsipnya selama belum terpenuhi ya masih dibuka. Tapi kalau memang sudah dipenuhi ya kami tutup,” tuturnya.

Namun saat ditanya biaya pendaftaran, Arifin menolaknya. Ia hanya menjelaskan besaran biaya pendidikan antarsiswa jumlahnya sama. Terdapat perbedaan bagi hafidz (penghafal Alquran) dan anak dari keluarga pengurus Muhammadiyah. Mereka dapat keringanan.

Baca Juga: Perhatian! Ini 3 Aturan Baru dalam PPBD Jateng 2022/2023

Dikutip dari Instagram @playdatesoloraya, biaya pendidikan SD Muhammadiyah PK Kota Barat berkisar Rp11,5 juta hingga Rp12,5 juta. Sedangkan SPP di sekolah swasta Kota Solo mencapai Rp1,5 juta.

Sementara itu, SD Information and Communication Technology (SDICT) Al Abidin, Banyuanyar, juga telah menerima CPD. Dari total empat rombel yang disediakan, sudah ada pendaftar yang masuk meski belum 100 persen kuota.

“Kami membuka empat rombel. Kuota yang disediakan 112 siswa. Sudah ada tapi memang masih proses. Kalau dibanding tahun lalu ya enggak berbeda jauh,” terang Pejabat Humas SDICT Al Abidin, Elva, saat ditemui Solopos.com, Senin (30/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya