SOLOPOS.COM - Poster film Harimau Tjampa. (IMDB)

Solopos.com, SOLO – Nama aktris film layar lebar Nurnaningsih mungkin terdengar asing di telinga masyarakat. Namun, ia pernah membuat masyarakat Indonesia geger lewat adegan setengah bugil dalam film bertajuk Harimau Tjampa.

Film tersebut nyatanya bukan merupakan film porno dan tidak fokus pada adegan setengah telanjang yang diperankan Nurnaningsih. Harimau Tjampa sebenarnya adalah film laga yang menceritakan tentang dunia persilatan di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan ulasan di laman IMDB, film Harimau Tjampa menggunakan latar waktu 1930-an. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Lukman yang diperankan Bambang Hermanto. Ia dikisahkan ingin membalas dendam kepada orang yang telah membunuh ayahnya.

Baca Juga: Nurnaningsih, Artis Pertama Indonesia yang Berani Tampil Bugil

Lukman dikisahkan berguru pada guru silat untuk memperoleh ilmu bela diri demi membalas dendam. Di akhir cerita, Lukman berhasil menuntaskan misinya.

Berdasarkan sinopsis itu, film Harimau Tjampa memang tidak menonjolkan adegan bugil Nurnaningsih. Aktris kelahiran Surabaya 5 Desember 1925 ini bahkan tak disebut sebagai pemeran utamanya.

Baca Juga: Nurnaningsih, Artis Pertama Indonesia yang Berani Tampil Bugil

Bahkan, film Harimau Tjampa yang dianggap kontroversial ini menyabet penghargaan Skenario Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1955. Di laman IMDB, Harimau Tjampa mendapatkan nilai 6,2 dari 10.

Film berduraasi 97 menit ini disutradarai Djadoeg Djajakusuma dan diproduseri Usmar Ismail. Harimau Tjampa dipertontonkan antara 1953 hingga 1954.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya