Hari Raya Waisak, Candi Borobudur Tetap Buka Untuk Umum Lur

Pengelola Candi Borobudur di Magelang tetap akan membuka objek wisata itu untuk umum pada Hari Raya Waisak. Namun dengan sejumlah pengaturan.
SHARE
Hari Raya Waisak, Candi Borobudur Tetap Buka Untuk Umum Lur
SOLOPOS.COM - Rangkaian perayaan perayaan Waisak 2566 BE di wisata super prioritas Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/GM Borobudur).

Solopos.com, MAGELANG — Selama rangkaian perayaan Waisak 2566 BE, destinasi wisata superprioritas Candi Borobudur, Magelang, tetap akan dibuka untuk kunjungan umum. Kentadi demikian, pengaturan pengunjung akan diberlakukan.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro, mengatakan pengaturan pengunjung mulai dilakukan Sabtu (14/5/2022) ini saat pembagian sembako. “Sesuai dari arahan dan rapat koordinasi kemarin, pengunjung tetap diperbolehkan masuk selama kegiatan perayaan Waisak 2022,” kata Aryono saat dimintai konfirmasi, Sabtu (14/5/2022).

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pada Senin 16 Mei 2022 pihaknya akan megatur arus wisatawan yang bekunjung ke Candi Borobudur. Sebab, pada hari tersebut akan belangsung prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

“Dari arahan Polres Magelang, wisatawan yang berasal dari arah Jogja dan mau ke Borobudur akan diarahkan ke simpang tiga Blondo atau Gerbang Kalpataru. Begitu juga yang dari arah Semarang dan Magelang [diarahkan ke simpang tiga Blondo],” imbuh dia.

BAca Juga: Pusat Perayaan Waisak, Candi Borobudur Simpan Misteri Siapa Penguburnya

Pengatuan tersebut sudah pengelola sosialisasikan kepada masyarakat di antaranya melalui media sosial. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Borobudur yang melalui gerbang timur atau Singa Balbapang dari pagi sudah ditutup sampai jam 14.00 WIB.

Aryono mengaku sudah menggandeng Polres dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan seperti halnya copet dan abainya protokol kesehatan (prokes).

“Kemudian kalau wisatawan sudah sampai Borobudur, wisatawan akan berbagi atau membaur dengan umat yang melaksanakan kegiata ibadah. Harapan saya tidak saling menggangu, semoga bisa membaur, wisatawan menikmati dan umat bisa beribadah tanpa tergganggu,” harap dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago