Hari Pertama UTBK SBMPTN di ISI Solo: 3 Peserta Terlambat, 16 Absen

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK untuk SBMPTN di ISI Solo berlangsung selama enam hari mulai Selasa-Minggu (17-22/5/2022) dan diikuti total 3.158 peserta.
SHARE
Hari Pertama UTBK SBMPTN di ISI Solo: 3 Peserta Terlambat, 16 Absen
SOLOPOS.COM - Peserta UTBK melaksanakan ujian sesi pertama di Gedung Perpustakan Kampus II ISI Solo, Selasa (17/5/2022). (Istimewa/Humas ISI Solo)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 270 peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer atau UTBK gelombang I SBMPTN di Kampus II ISI (Institut Seni Indonesia) Solo, Selasa (17/5/2022).

Terdapat 19 peserta yang tidak mengikuti UTBK dari total keseluruhan yang terdaftar 289 peserta. Tiga di antaranya ditolak ikut karena terlambat datang di lokasi dan 16 orang lainnya absen tanpa keterangan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, bersama panitia UTBK sudah melakukan persiapan matang untuk ujian tahun itu. Pukul 05.00 WIB, pengawas, teknisi IT, security, sudah siap siaga di lokasi ujian.

“Pukul 05.45 peserta sudah berdatangan, mereka sudah berduyun-duyun. Setelah masuk kami tunjukkan jadwalnya pukul 06.45 WIB calon mahasiswa masuk ruang ujian. Untuk masuk ke sana sudah kami arahkan dan antarkan,” terangnya kepada Solopos.com, Selasa.

Persiapan UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) ISI Solo, kata Nyoman, mulai dari peraturan, tata cara pengerjaan, protokol kesehatan, hingga modus kecurangan. Semua dilakukan sesuai prosedur dari LTMPT.

Baca Juga: 26.408 Peserta Ikuti Tes UTBK SBMPTN di UNS Solo

“Sebelum masuk ruangan sudah kami beri arahan. Begitu masuk ruangan jangan sampai terjadi penumpukan calon mahasiswa di depan tangga maupun depan pintu jangan sampai terjadi,” ujarnya.

Ekspedisi Energi 2022

Begitu peserta masuk, mereka langsung ditangani pada pengawas. Mereka akan mendapat briefing bagaimana tata cara dalam ujian yang sudah dirumuskan oleh LTMPT. “Bukan kami yang merumuskan, kami tinggal memberitahukan, termasuk sanksi-sanksi kecurangan yang juga sudah dirumuskan,” terangnya.

Modus kecurangan dalam UTBK menjadi perhatian khusus, karena menurut Nyoman, kasus kecurangan dalam ujian masuk perguruan tinggi masih marak dan semakin beragam.

Baca Juga: Peserta UTBK SBMPTN UNS Solo 2022 Tambah 4.023 Orang, Persaingan Ketat!

Modus Kecurangan

“Yang masih kami waspadai adalah modus-modus kecurangan yang sangat beragam. Nah kami sendiri sudah berusaha mengantisipasi modus-modus kecurangan itu. Kami pelajari modus-modusnya, teknologinya kayak apa. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa di ISI Solo,” ujar Rektor sekaligus pengarah dalam panitia UTBK ISI Solo.

Koordinator Pelaksana UTBK, Iwan Sulistyo, memaparkan dari total 289 peserta yang terdaftar, 19 orang tidak dapat mengikuti ujian karena beberapa alasan. “Per sesi 289 orang, untuk sesi pertama hari ini yang tidak hadir 6,57% atau 19 orang,” ujarnya.

Menurut Iwan, mereka ada yang terlambat sekitar tiga orang karena melebihi batas waktu sehingga ditolak ikut ujian. Kemudian 16 orang absen tanpa keterangan.

Baca Juga: SBMPTN 2022 Dimulai Maret, Rektor UNS Solo Bagikan Tips Agar Lolos

Iwan menambahkan jumlah peserta UTBK SBMPTN ISI Solo 2022 secara keseluruhan yang terdaftar ada 3.158 orang. Ujian dilaksanakan selama enam hari mulai Selasa (17/5/2022) sampai Minggu (22/5/2022) di Gedung Perpustakaan kampus II ISI Solo.

“Sehari dua sesi selama enam hari sampai Minggu [22/5/2022], jamnya sama semua akan tetapi untuk hari Jumat sesi II mulai pukul 13.15 WIB karena Salat Jumat. Kemudian untuk yang campuran sampai pukul 12.00 WIB,” paparnya kepada Solopos.com.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago