SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, WONOGIRI — Hari pertama masuk sekolah di Kabupaten Wonogiri telah dimulai sejak, Senin (11/7/2022). Pelaksanaan pembelajaran di SMP mengacu ke pembelajaran tatap muka (PTM) full alias PTM 100 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala SMPN 1 Wonogiri, Sri Nuryanti, saat dihubungi Solopos.com, Senin. Nur, sapaan akrabnya, mengatakan sistem tersebut didasari oleh hasil rapat koordinasi (rakor) bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Wonogiri, Jumat (1/7/2022). Mulai Senin hingga hari-hari masuk sekolah berikutnya, PTM sudah berlangsung 100 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Enggak lagi PTM terbatas empat jam tapi sekarang sudah pulang siang hari. Sudah delapan jam pelajaran, seperti sebelum pandemi Covid-19. Berdasar rakor kemarin, semua sekolah harusnya sudah melaksanakannya,” tuturnya.

Pada hari pertama masuk, kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMPN 1 Wonogiri belum efektif. Kegiatan siswa kelas VII yang tergolong sebagai peserta didik baru berupa masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Dalam kegiatan pengenalan itu, kata Nur, SMPN 1 Wonogiri ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi oleh Forum Anak Wonogiri. Mereka menargetkan sebanyak 300 siswa atau peserta didik baru di SMPN 1 Wonogiri itu memperoleh materi sosialisasi.

Baca Juga: Lulusan SMP di Wonogiri Banyak Masuk ke Sekolah Swasta, Kenapa?

Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan siswa kelas VIII dan IX, yakni mempersiapkan perlengkapan kelas dan menerima sosialisasi terkait kegiatan intrasekolah.

“Hari ini [Senin] kegiatan sosialisasi. Termasuk sosialisasi jadwal pelajaran di kelas. Besok [Selasa], siswa kelas VIII dan IX sudah mulai KBM normal. Siswa kelas VII, MPLS dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu. Setelah itu KBM sudah dilaksanakan normal,” ucapnya.

Di Wonogiri bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Pracimantoro pun demikian. Guru SMPN 4 Pracimantoro, Wakhid, mengatakan, seluruh siswa di sekolah tersebut telah menerapkan PTM penuh, seperti di SMPN 1 Wonogiri.

Baca Juga: Hasil PPDB SMP di Wonogiri, Ada Sekolah yang Kekurangan Siswa

Pada hari pertama masuk sekolah, kelas VII SMPN 4 Pracimantoro melaksanakan MPLS selama tiga hari. Sedangkan kelas VII dan IX sudah melaksanakan KBM, Senin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya