SOLOPOS.COM - Salah satu foto yang diunggah Bhre Cakrahutomo di story akun Instagramnya pada hari pertama bergelar KGPAA Mangkunagoro X, Minggu (13/3/2022). (Instagram @bhresudjiwo)

Solopos.com, SOLO — Hari pertama menjadi pemimpin Mangkunegaran Solo bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X, Minggu (13/3/2022), Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengunggah sejumlah foto di media sosial Instagram.

Pantauan Solopos.com, ada lima foto yang diunggah Bhre di story akun Instagramnya, @bhresudjiwo. Pertama foto dirinya saat menerima ucapan selatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Presiden Jokowi memang datang langsung ke Pura Mangkunegaran Solo untuk memberikan ucapan selamat kepada Bhre yang telah dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X, Sabtu (12/3/2022). Jokowi datang sekitar pukul 11.53 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bhre Cakrahutomo Resmi Jadi KGPAA Mangkunagoro X

Ia mengenakan jas warna biru tua langsung bertemu Bhre dan mengucapkan selamat. Lalu foto kedua yang diunggah Bhre di story akun Instagram miliknya adalah repost ucapan selamat dari akun Instagram @purapakualaman milik Kadipaten Pakualaman Yogyakarta.

Foto ketiga, Bhre me-repost unggahan ucapan selamat dari akun Instagram klub sepak bola Persis Solo, @persisofficial. Berikutnya Bhre mengunggah foto saat ini bertemu dan menerima ucapan selamat dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Sebelum Jumenengan, Bhre Cakrahutomo Nyekar ke Makam Mangkunagoro I-IX

Pujian Gubernur Ganjar

Dalam kesempatan itu, Ganjar sempat memuji pidato atau sabda dalem pengukuhan KGPAA Mangkunagoro X yang banyak mengungkap soal perjalanan Mangkunegaran dan upaya memajukan kebudayaan.

“Ya tadi pidato beliau bagus, membawa kultur ya. Saya kira penting kembali untuk semacam merevitalisasi keraton, sehingga keraton menjadi centre of culture. Kemudian orang akan berdatangan dengan keluhuran dan nilai-nilai yang mungkin bisa diberikan,” ujar Ganjar Pranowo saat diwawancarai wartawan seusai menghadiri Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Datang Ucapkan Selamat Atas Pengukuhan Mangkunagoro X

Foto terakhir yang diunggah Bhre di Instagram pada hari pertamanya sebagai Mangkunagoro X yakni repost unggahan akun @sekretariat.kabinet berisi foto dirinya bersama Presiden Jokowi. Seperti diberitakan, Bhre Cakrahutomo dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X lewat upacara jumenengan di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022).

Ratusan tamu undangan menghadiri acara tersebut. Selain Presiden Jokowi dan Gubernur Ganjar Pranowo, ada juga PB XIII dan kerabat Keraton Solo serta Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya