SOLOPOS.COM - Sebanyak 47 siswa TK Teladan Sukoharjo bersama relawan superhero mendongeng merayakan hari pahlawan di Aljn-Alun Satya Negara Sukoharjo, Kamis (10/11/2022) (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Para relawan superhero menyelenggarakan aksi mendongeng bersama puluhan anak-anak terkait Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, anak-anak dari TK Teladan Sukoharjo berjalan ke arah alun-alun bersama relawan yang memakai kostum superhero seperti Gatotkaca, Spiderman, Superman, dan Batman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anak-anak memakai pakaian pahlawan dan beberapa profesi seperti polisi, dokter, berkebaya, dan lain sebagainya.

Antuiasme mereka tinggi diiringi dengan nyanyian lagu-lagu nasional, mereka berjalan menuju Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo untuk mendengarkan relawan superhero membacakan dongeng.

Ekspedisi Mudik 2024

Relawan berbaju superhero, Agus Widanarko bersama timnya menyampaikan dongeng perjuangan para pahlawan dalam pertempuran di Surabaya yang terjadi hingga 10 November 1945.

Baca juga: Tayang Hari Ini, Begini Sinopsis Ms. Marvel

Ia memakai media berupa komik sebanyak enam kolom yang menceritakan tentang perjuangan pahlawan di Surabaya pada 10 November 1945.

Relawan superhero mendongeng, Agus Widanarko, mengatakan dipilihnya superhero dalam kegiatan mendongeng agar anak-anak tertarik dengan dongeng tentang hari pahlawan yang ia sampaikan.

“Kami menceritakan perjuangan peperangan di Surabaya. Anak-anak tahunya hari pahlawan, tapi agar tahu memilih 10 November karena terjadi peperangan di Surabaya,” ujar pria yang akrab disapa Danar, Kamis (10/11/2022) di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo.

Selain menceritakan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, para relawan juga mengajari anak-anak berbagai pengetahuan tentang proklamasi kemerdekaan RI.

“Anak-anak juga biar tahu siapa presiden yang memproklamirkan kemerdekaan, perjuangan itu, yang pasti mereka biar senang dan memperhatikan, kami memakai kostum superhero,” lanjut Danar.

Baca juga: Hari Pahlawan, Senator DPD Abdul Kholik Beri Anugerah untuk Pahlawan Pandemi

Kepala Sekolah TK Teladan Sukoharjo, Sri Wahyuni, mengatakan pihaknya mengajak relawan superhero dalam memperingati hari pahlawan pada 10 November 1945 agar anak-anak tertarik dan memperhatikan.

“Sebanyak 47 siswa, ini memperkenalkan ahri pahlawan dipandu relawan super hero, kalau ada tokoh yang disukai anak-anak, agar mereka mengenal pahlawan jaman dulu,” kata Sri pada Solopos.com, Kamis (10/11/2022) di Alun-Alun Satya Negara.

Selain merayakan hari pahlawan pada 10 November 2022, ia mengatakan siswa telah diajarkan untuk menghormati para pahlawan dengan melakukan kegiatan di sekolah mulai dari membiasakan anak untuk menjaga lingkungan dan kebersihan sekolah.

“Kami juga memasang gambar-gambar pahlawan agar mereka mengenal mereka,” lanjut Sri.

Baca juga: Pasutri Sukoharjo Bagikan Sego Berkat Ke Petugas Pospam Pakai Kostum Superhero, Ini Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya