SOLOPOS.COM - Penjagaan Gereja Katolik Santo Cornelius, Kota Madiun, Jumat (18/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Hari Natal 2015 disongsong Polresta Madiun dengan mengerahkan personel Gegana Brimob Polda Jatim untuk menyelisik sebagian gereja Madiun dari kemungkinan adanya teror .

Madiunpos.com, MADIUN — Polresta Madiun mengatisipasi ancaman terror di 63 gereja di Kota Gadis saat perayaan Hari Natal 2015. Tim Gegana Detasemen C Kompi 2 Brimob Polda Jawa Timur yang berkedudukan di Madiun dikerahkan untuk menyelisik sejumlah gereja dengan menggunakan metal detector.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyisiran tersebut bertujuan untuk mengantisipasi ancaman teror sehingga umat kristiani bisa melakukan perayaan Natal dengan aman dan tenang,” ujar Wakil Kepala Polresta Madiun Kompol Setiono kepada wartawan di Madiun, Jumat (18/12/2015).

Ia mengaku akan fokus pada gereja yang memiliki jumlah umat atau jemaat banyak, seperti Gereja Katolik Santo Cornelius di Jl. Pahlawan, Madiun yang akan dipergunakan untuk misa perayaan malam Natal 2015, Kamis (24/12/2015) malam dan Hari Natal 2015, Jumat (25/12/2015).

Kantor Berita Antara di Madiun melaporkan penyelisikan dengan alat deteksi logam itu dilakukan Tim Gegana Polda dengan teliti di setiap sudut bangunan, baik di dalam maupun di luar ruangan gereja. Penyisiran dilakukan mulai dari halaman depan, pintu masuk, hingga seluruh sudut ruangan yang ada di gereja.

“Tujuan sterilisasi dan penyisiran tersebut adalah mendeteksi keberadaan barang-barang yang berbahaya di lingkungan gereja, di antaranya adalah bom, bahan peledak, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya,” papar Setiono.

2.000 Umat
Langkah sterilisasi itu dilanjutkan dengan penjagaan lokasi hingga kegiatan berlangsung. “Hasil dari peyisiran tidak ditemukan barang ataupun bahan yang berbahaya serta terlarang. Semua berharap rangkaian perayaan Natal di Madiun dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun,” kata  Setiono.

Selain penyelisikan, pihak Polres Madiun Kota juga menyiagakan anggotanya untuk melakukan pengamanan dan patroli selama rangkaian perayaan Hari Natal 2015 berlangsung. Nantinya, ada sejumlah anggota yang ditempatkan di gereja-gereja untuk melakukan pengamanan.

Pengurus Gereja Santo Cornelius Madiun memperkirakan gereja tersebut akan menampung 1.500 orang hingga 2.000 orang saat perayaan Hari Natal 2015. Selama perayaan Natal itu, Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun akan menggelar empat kali misa pada Kamis (24/12/2015) malam dan Jumat (25/12/2015).

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya