SOLOPOS.COM - Bupati Sleman Sri Purnomo saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2017) di Lapangan Pemda Sleman. (Foto istimewa)

Pancasila merupakan jati diri bangsa. Tidak hanya sebagai falsafah dan ideologi

Harianjogja.com, SLEMAN– Pancasila merupakan jati diri bangsa. Tidak hanya sebagai falsafah dan ideologi, Pancasila juga menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Kondisi ini dapat terjadi karena di dalam perjalanan sejarah dan adanya kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia. Mulai keragaman suku, agama, bahasa daerah, pulau, adat istiadat, kebiasaan budaya, serta warna kulit jauh berbeda.

“Satu sama lain tetapi mutlak harus dipersatukan melalui nilai dasar Pancasila,” katanya saat menjadi inspektur pada Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2017) di Lapangan Pemda Sleman.

Ekspedisi Mudik 2024

Upacara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Sleman, Dandim 0732/Sleman, Wakapolres, PNS, TNI/Polri, dan sejumlah siswa-siswi di wilayah Sleman.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini, katanya, masyarakat dapat menggali kembali sejarah perkembangan bangsa. Pancasila dipandang sebagai sistem filsafat, etika moral, politik, dan Ideologi Nasional.

Munculnya Gerakan 30 September (G 30 S PKI) yang berusaha mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis semakin meneguhkan kesadaran untuk mempertahankan Pancasila.

“Hari Kesaktian Pancasila pun ditetapkan untuk memperingati bahwa dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, yang sakti dan tak tergantikan,” katanya.

Pada 10 November 1986,  Pancasila pertama kali diperkenalkan sebagai ideologi terbuka, di mana Pancasila dituntut untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman yang senantiasa dinamis dengan tanpa mengesampingkan nilai-nilai dasarnya yang tetap.

“Semua pihak diharapkan dapat meresapi nilai-nilai luhur yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa untuk dapat merekat erat sebagai kepribadian bangsa,” katanya.

Masyarakat, lanjut Sri,wajib untuk meningkatkan kewaspadaan nasional dan ketahanan mental ideologi Pancasila. Seperti halnya kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi dan postmodernisme.

Kemampuan menghadapi tantangan mendasar yang akan melanda kehidupan bangsa seperti sosial-ekonomi dan politik, bahkan mental dan moral bangsa. Hanya dengan keyakinan nasional inilah manusia Indonesia tegak dan tegar dengan keyakinannya yang benar dan terpercaya.

“Sistem filsafat Pancasila sebagai bagian dari filsafat Timur, mengandung dan memancarkan identitas dan integritas martabatnya,” kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya