SOLOPOS.COM - Foto-foto pahlawan dipajang pada acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). (Solopos.com-Antara/Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA — Deretan foto Pahlawan Revolusi menghiasi area Taman Surya, kompleks Balai Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022).

Di antara foto yang itu potret Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Raden Suprapto, Kapten Czi. (Anumerta) Pierre Andreas Tendean, Kolonel (Anumerta) Sugijono Mangunwiyoto, Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Mas Tirtodarmo Haryono, dan Letnan Jenderal TNI (Anumerta) Siswondo Parman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan pameran foto Pahlawan Revolusi, pahlawan yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965, dilakukan untuk mengenang jasa-jasa mereka dalam mempertahankan ideologi Pancasila.

“Jangan pernah melupakan sejarah bahwa ada Pahlawan Revolusi yang waktu itu gugur mempertahankan ideologi Pancasila ketika ada gerakan Partai Komunis Indonesia [PKI],” katanya usai memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Wali Kota mengemukakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum untuk menghayati kembali dan menjalankan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, dia mengingatkan, peristiwa yang melatarbelakangi peringatan Hari Kesaktian Pancasila semestinya menjadi pembelajaran bagi semua.

Baca juga: Jokowi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

“Jangan pernah ada lagi gerakan untuk mengganti ideologi Pancasila ini, karena Pancasila itu sudah menjadi darah dalam diri kita,” katanya.

“Sekali lagi saya berharap, masyarakat Indonesia, khususnya warga Surabaya, tidak boleh ada lagi yang punya pikiran untuk mengubah faham ideologi Pancasila,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya