Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Hari Kesaktian Pancasila Diperingati 1 Oktober, Bukan Hari Libur Nasional

Hari Kesaktian Pancasila diperingati tanggal 1 Oktober di setiap tahunnya, tapi bukan sebagai hari libur nasional.
SHARE
Hari Kesaktian Pancasila Diperingati 1 Oktober, Bukan Hari Libur Nasional
SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan menuju Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Agung Rajasa)

Solopos.com, SOLO — Hari Kesaktian Pancasila yang setiap tahun diperingati pada tanggal 1 Oktober ini bukan merupakan hari libur nasional maupun tanggal merah.

Hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia tersebut tidak bisa lepas dari peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965. Di mana Hari Kesaktian Pancasila merupakan sebagai wujud pengingat jasa pahlawan yang gugur pada peristiwa kelam G30S/PKI.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mengutip informasi dari situs resmi Kelurahan Sorosutan Jogja, penetapan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966.

Dalam peristiwa tersebut, enam jenderal dan satu perwira dibantai oleh sekelompok orang yang terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka yang gugur dalam peristiwa tersebut dan kini dinobatkan sebagai pahlawan nasional adalah Jenderal TNI Achmad Yani, Letjen Suprapto, Mayjen MT Haryono, Letjen Siswondo Parman, Mayjen DI Pandjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomihardjo, serta Letnan Satu Corps Zeni Pierre Andreas Tendean.

Baca Juga: Cara Naik KRL Commuterline Solo-Jogja Tanpa Kartu, Bayar Pakai GoPay & LinkAja

Perlu diketahui, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini tidak tercatat sebagai hari libur nasional dalam SKB 3 Menteri. Lain halnya dengan Hari Lahir Pancasila yang merupakan hari libur nasional. Di mana, setiap tanggal 1 Juni merupakan tanggal merah.

Penting untuk dipahami, Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila itu berbeda. Penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai libur nasional ditetapkan oleh pemerintah pada 2016 melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Baca Juga: Biaya Isi Bensin Full Tank Mobil Avanza dengan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax

Peringatan ini mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno.

Nah, sudah paham kan perbedaan antara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober dengan Hari Lahir Pancasila yang merupakan hari libur nasional?

Baca Juga: Kasusnya Lagi Viral, Siapin Modal Segini Buat Buka Franchise Esteh Indonesia



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode