SOLOPOS.COM - Peragaan busana kebaya dan kain batik oleh sejumlah anggota komunitas pencinta batik dalam acara Kartini Riwayatmu Kini di The Karaton Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel, Senin (10/4/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Hari Kartini diperingati dengan melestarikan batik.

Harianjogja.com, SLEMAN — Memperingati Hari Kartini, Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad mendeklarasikan Gerakan Membatik untuk para perempuan, Senin (10/4/2017). Dalam acara bertajuk Kartini Riwayatmu Kini, juga digelar penandatanganan nota kesepakatan dengan Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel dengan dibukanya kelas membatik di Pendapa Agung Kedaton Ambarrukmo.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Setiap tahun, acara ini selalu digelar sebagai salah satu upaya pelestarian batik dan konsen kami yang sejalan dengan Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel dalam pelestarian budaya,” ujar Ketua III Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad, Afif Syakur fi sela acara Kartini Riwayatmu Kini di The Karaton Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel.

Acara ini dihadiri sejumlah komunitas perempuan, isteri Wakil Gubernur DIY Gusti Kangjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam hingga Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Rumania dan Bucharest, Sri Astari Rasjid. Afif mengungkapkan melalui acara ini ingin menunjukkan batik dan kebaya merupakan identitas dari budaya Indonesia.

“Harapannya, dengan padu padan masa kini, perempuan Indonesia dapat semakin bangga mengenakannya, batik dan kebaya tak lagi dianggap kuno,” papar Afif.

Melalui acara ini turut dideklarasikan Gerakan Membatik oleh Paguyuban Pecinta Batik Indonesia. Afif mengatakan melalui gerakan ini ingin disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari perempuan Indonesia. Dari gerakan ini ada sepuluh karya batik dari para perempuan di empat kabupaten satu kota yang semula hanya ibu rumah tangga, namun akhirnya mampu melahirkan karya batik yang luar biasa.

“Ada sepuluh karya yang sekaligus kami lelang di acara ini. Selain itu, kami juga menjalin kerjasama dengan Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel dengan dibukanya kelas membatik yang akan dilakukan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo,” jelas Afif.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel, Ian Cameron mengungkapkan peringatan Hari Kartini merupakan salah satu agenda rutin yang setiap tahun digelar di hotel ini. Acara ini juga sejalan dengan komitmen hotel heritage ini dalam konservasi, pelestarian dan apresiasi budaya asli lokal.

“Acara ini adalah salah satu komitmen kami dalam upaya mendukung pelestarian budaya serta nilai-nilai yang diperkenalkan Kartini sebagai salah satu tokoh pahlawan wanita Indonesia,” ungkap Ian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya