Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Hari Jadi ke-280 Wonogiri Diperingati Sederhana dengan 3 Kegiatan Ini

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memotong tumpeng dan diberikan kepada Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, sebagai perwakilan rakyat Wonogiri.
SHARE
Hari Jadi ke-280 Wonogiri Diperingati Sederhana dengan 3 Kegiatan Ini
SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (baju kuning) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, pada peringatan Hari Jadi ke-280 Kabupaten Wonogiri, Rabu (19/5//2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Hari Jadi ke-280 Kabupaten Wonogiri diperingati secara sederhana mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantuan Solopos.com, Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar Upacara Hari Jadi Wonogiri di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Rabu (19/5/2021) pagi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Setda Wonogiri dimulai pukul 07.30 WIB. Seluruh peserta mengenakan baju adat Jawa, seperti kebaya, blangkon, baju lurik, tapih dan lainya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Lebaran, Pemkab Wonogiri Tutup Objek Wisata

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng di arena upacara. Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memotong tumpeng dan diberikan kepada Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, sebagai perwakilan rakyat Wonogiri.

Joko Sutopo mengatakan di tengah pandemi peringatan Hari Jadi ke-280 Wonogiri dilakukan secara sederhana dan terbatas. Secara subtansi dalam satu rangkaian hanya ada tiga kegiatan yakni upacara, pemotongan tumpeng dan doa beraama.

"Deklarasi hari jadi kami wujudkan dengan upacara, kultur dan budaya kami aplikasikan dengan pemotongan tumpeng serta dari sisi keagamaan kami lakukan doa bersama saat upacara. Tiga kegiatan ini kami jadikan satu untuk mempersingkat waktu," kata dia sela-sela kegiatan.

Baca juga: Sebelum Meninggal Kecelakaan, Calon Pengantin Asal Purwantoro Wonogiri Sudah Diingatkan Ortunya

"Memang setiap kali hari jadi kami ada kegiatan ziarah ke sana. Namun di tengah pandemi ini, kami mengirimkan doa bersama dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri saja," ungkap dia.

Tidak Ada Instruksi Khusus

Ia mengatakan tidak ada instruksi khusus kepada para pemerintah kecamatan atau desa untuk menggelar acara memperingati hari jadi Wonogiri.

"Kalau mau menggelar acara silakan. Namun protokol kesehatan harus tetap dikedepankan," kata Jekek.

Baca juga: Ada Pendampingan untuk Vaksinasi Lansia di Wonogiri, Begini Penjelasan Bupati

Camat Purwantoro, Joko Susilo, mengatakan pada peringatan Hari Jadi Wonogiri tahun ini tidak ada kegiatan yang diselenggarakan pemerintah kecamatan. Ia bersama jajarannya hanya mengikuti acara peringatan secara virtual yang dipusatkan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

"Kalau normal biasanya di sini ada tirakatan pada malam harinya. Kemudian ada lomba bagi para anak-anak sekolah dan remaja serta lomba olahraga seperi voli antar desa dan sejenisnya," kata Joko saat dihubungi Solopos.com.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode