SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun, Maidi, menjumpai masyarakat untuk dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun, Senin (20/6/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Selamat merayakan ulang tahun ke-104 Kota Madiun. Tepat pada Senin, 20 Juni 2022, usia Kota Madiun bertambah. Berbagai capaian dan prestasi pun telah diraih. Penataan dan berbagai pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat juga telah dilakukan.

Puncak peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun diperingati dengan upacara di alun-alun setempat, Senin pagi. Harapan untuk menjadi kota yang lebih baik menggema dalam upacara peringatan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Madiun, Maidi, mengucap syukur atas bertambahnya usia Kota Madiun. Perayaan peringatan hari jadi pun dilakukan sangat meriah selama dua bulan.

“Ada 22 kegiatan yang digelar dalam perayaan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun. Saya menargetkan angka kunjungan wisatawan ke Madiun 2 juta sampai 5 juta orang,” kata Maidi.

Baca Juga: Catat! Diskon dan Promo Khusus dalam Memperingati Hari Jadi Kota Madiun

Dia menuturkan dua tahun terakhir Kota Madiun telah melewati masa sulit karena pandemi Covid-19. Meski demikian, pemerintah berhasil mengerem Covid-19 dan mengegas ekonomi.

“Di usia 104 ini kita balik, gas ekonomi, rem Covid-19,” tegasnya.

hari jadi kota madiun
Acara peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun di alun-alun setempat, Senin (20/6/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Orang nomor satu di Kota Madiun itu menyampaikaan saat ini pertumbuhan ekonomi cukup baik. Bahkan sudah menjadi yang tertinggi di Jawa Timur, yakni 4,73%.

Dia juga menyebutkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Madiun pada 2021 menjadi yang tertinggi ketiga secara nasional dengan capaian 109% atau Rp265,9 miliar.

Baca Juga: HUT Kota Madiun, KAI Beri Diskon untuk Penumpang KA, Ini Syaratnya

“Meski kita tidak memiliki potensi alam. Kita benar-benar mengelola SDM. Karena SDM yang berkualitas menjadi ujung tombak dalam membawa keberhasilan,” terang Maidi.

Pembangunan dan penataan kota terus dilakukan. Terdekat, pemkot akan membangun Pahlawan Religi Center yang akan menjadi tempat manasik haji dengan fasilitas lengkap. Bukan hanya itu, pemkot juga akan menyempurnakan pembangunan berbagai fasilitas hiburan masyarakat, seperti kampung Eropa, menara Eifel, dan lainnya.

“Kami juga akan membangun Pondok Lansia yang bisa diakses seluruh warga lansia secara gratis,” jelasnya.

Pada usia ke-104 tahun ini, Kota Madiun juga telah memiliki 120 prestasi dan penghargaan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Timur, dan penghargaan internasional.

Hiburan Masyarakat

Perayaan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun juga dilakukan dengan menggelar parade drum band dari SD sampai SMP, Senin. Selain itu, juga ada penampilan drum band dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia, SMAN 3 Taruna Angkasa, dan penampilan barongsai dari SMP Bernadus dan Santo Yusuf.

Selain itu, pada Senin malam juga digelar pagelaran wayang kulit di Lapangan Pelti Kota Madiun. Dalam gelaran itu akan menghadirkan lima dalang cilik juara tingkat nasional dan dimeriahkan penampilan bintang tamu Joklitik dan Joklutuk. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya