SOLOPOS.COM - Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pilkada di KPU Klaten, Selasa (15/12/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Pilkada di gedung KPU setempat, Selasa (15/12/2020).

Hasil rapat pleno tersebut akan dijadikan sebagai dasar penetapan perolehan suara yang diperoleh pasangan calon (paslon) terpilih di Pilkada 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jenazah Pelda Eka Budi Ditemukan 2 Km dari TKP Kecelakaan Mobil Patroli Tertabrak KA

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tahapan rapat pleno terbuka dihadiri para komisioner KPU Klaten, komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), para saksi, aparat keamanan, dan tamu undangan lainnya.

Rapat pleno dimulai dengan membacakan hasil rekapitulasi di masing-masing kecamatan. Di Klaten terdapat 26 kecamatan.

"Rapat pleno ini dibuka dan terbuka untuk umum. Pembacaan rekapitulasi dilakukan oleh divisi teknis," kata Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, di sela-sela kegiatan.

Antisipasi Kendala Jaringan

Anggota Komisioner Divisi Teknis KPU Klaten, Samsul Huda, mengatakan terdapat dua mekanisme dalam rapat pleno kali ini, yakni sistem informasi rekapitulasi (sirekap) dan melalui excel.

Indonesia Siapkan Program Vaksin Covid-19 Berbayar, 7 Negara Ini Beri Gratis

Guna mengantisipasi kendala jaringan, mayoritas rekapitulasi dilakukan melalui excel.

"Rekapitasi hari ini dimulai dari Kecamatan Prambanan," katanya Samsul Huda.

Sebagaimana diketahui, Pilkada 2020 di Klaten diikuti tiga pasangan calon (paslon) yakni nomor urut 1, Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo); nomor urut 2, One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI); serta nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT). Pemungutan suara telah terlaksana pada Rabu (9/12/2020) lalu.

Jumlah Pengungsi Merapi di Balerante & Tegalmulyo Klaten Berkurang, Sudah Jenuh Mengungsi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya