SOLOPOS.COM - Para tamu dan delegasi G20 berdatangan ke Keraton Solo untuk mengikuti welcome dinner, Selasa (5/7/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan kedua Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20 di Solo akan membahas berbagai isu penting pada Rabu (6/7/2022) di Hotel Alila. Isu yang dibahas mulai dari reformasi World Trade Organization (WTO) hingga investasi berkelanjutan.

Sebelumnya, para delegasi dan tamu mengikuti welcome dinner di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) di Kecamatan Pasar Kliwon, Selasa (5/7/2022) petang. Berdasarkan pantauan Solopos.com, pukul 17.00 WIB, petugas gabungan bersiaga menunggu para delegasi serta undangan di sekitar Kori Kamandungan, bagian depan Keraton Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan para delegasi serta tamu tiba di Keraton Solo dari Hotel Alila Solo dengan sejumlah kendaraan Toyota Hiace warna putih sekitar pukul 17.24 WIB. Kondisi cuaca hujan waktu itu. Kota Bengawan diguyur hujan sejak sore.

Meskipun diguyur hujan, semangat abdi dalem menyambut para tamu yang tiba di Kori Kamandungan tak surut. Atraksi musik dari abdi dalem dengan drumben mengiringi pada tamu dan delegasi G20 yang tiba di Kori Kamandungan masuk ke Sasana Andrawina Keraton Solo, tempat berlangsungnya Welcome Dinner.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian menjadi penanggungjawab pertemuan kedua TIIWG atau The Second TIIWG Meeting itu.

Baca Juga: Setup Makaroni, Menu Kesukaan Raja Solo untuk Delegasi G20

Pertemuan kedua ini sebagai kelanjutan dari pertemuan pertama di Kota Solo, akhir Maret 2022 lalu. Pertemuan Kedua TIIWG membahas tiga isu, yakni reformasi WTO, respons perdagangan, investasi, dan industri terhadap pandemi. Terakhir soal arsitektur kesehatan global dan mendorong investasi berkelanjutan dalam rangka pemulihan ekonomi global.

Transformasi Ekonomi Digital

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjelaskan harapannya agar pertemuan kedua TIIWG G20 di Solo ini dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pertemuan TIIWG ini dapat memberikan hasil yang konkret.

Hal itu baik di sektor investasi, industri, dan perdagangan yang sejalan dengan deliverables utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitek kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi, khususnya kolaborasi dalam investasi berkelanjutan dan inklusif.

Baca Juga: Delegasi G20 Akan Disajikan Menu Kesukaan Raja Solo, Ini Daftarnya

“Melalui pertemuan TIIWG ini, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya transformasi ekonomi, salah satunya melalui investasi berkelanjutan dan inklusif. Kami harus manfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia di tahun ini dengan baik,” kata Bahlil melalui laman resmi G20.

Sebelumnya, dalam pertemuan pertama TIIWG G20 di Kota Solo, akhir Maret lalu, telah dibahas tiga isu lainnya, yaitu  peran sistem perdagangan multilateral untuk akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Selanjutnya perdagangan digital dan rantai nilai global yang berkelanjutan (sustainable global value chains/GVCs), serta Industrialisasi Inklusif yang berkelanjutan melalui Industri 4.0.

Baca Juga: Welcome Dinner G20 di Keraton Solo, KGPH Purboyo Akan Tampil

Kirab dan SBC

Adapun Welcome Dinner di Keraton Solo merupakan kegiatan sebelum dilakukan persidangan untuk membahas tiga isu strategis pada pertemuan kedua.

Setalah persidangan bakal digelar potensi pengusaha nasional di daerah, Kirab Budaya G20 yang dirangkaikan dengan Solo Batik Carnival (SBC), dan ditutup Gala Dinner di Balai Kota Solo.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dihadiri perwakilan delegasi dari 20 negara anggota G20, 11 negara undangan, dan tujuh organisasi internasional.

Baca Juga: Kirab Budaya-SBC Meriahkan Pertemuan Kedua G20 Di Solo, Cek Tanggalnya

“Dalam kesempatan ini, kami juga akan menghadirkan pameran UMKM dari berbagai daerah, serta menyajikan budaya lokal dan kuliner tradisional. Kita sajikan paket lengkap Nusantara untuk para delegasi G20 tersebut,” lanjut Bahlil.

Pertemuan Kedua TIIWG ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022. Pergelaran acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 nantinya akan dilaksanakan di Bali pada November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya