SOLOPOS.COM - Ketua DPR Puan Maharani (kedua kanan) bersama Menteri Sekretariat Negara Pratikno (kedua kiri) dan Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel (kanan) dan Lodewijk F. Paulus (kiri) memberikan keterangan pers tentang Surat Presiden penunjukan Panglima TNI di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022). Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.

Solopos.com, JAKARTA–Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyatakan DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada calon Panglima TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).

“Sesuai keputusan Bamus [Badan Musyawarah], besok Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI [Yudo Margono], Jumat [2/12/2022],” ujar Hasanuddin kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan pada pukul 10.00 WIB pimpinan Komisi I dan perwakilan masing-masing fraksi akan memverifikasi data pribadi Yudo. Setelah itu, ada jeda makan siang dan Salat Jumat.

“Pada pukul 13.30 WIB, kita akan mulai dengan fit and proper test,” ungkap dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Nama-nama Perwira Tinggi Calon Pengganti Yudo Margono sebagai KSAL

Yudo akan diberi waktu selama 30 menit untuk memberi pemaparan tentang visi-misinya. Lalu, para anggota Komisi I akan mendalami dengan memberikan berbagai pertanyaan ke Yudo.

“Perwakilan dan fraksi masing-masing selama tujuh menit dan kemudian dijawab oleh calon panglima TNI kira-kira 20 menit,” ucap politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Meski begitu, Hasanuddin tak menutup kemungkinan akan ada pertanyaan tambahan, sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, uji kelayakan dan kepatutan tersebut diadakan secara tertutup.

“Kalau menurut aturan, tertutup,” jelas Hasanuddin.

Baca Juga: DPR Terima Surat Presiden Calon Pengganti Panglima TNI, Jokowi Tunjuk KSAL

Setelah uji kelayakan dan kepatutan selesai, anggota Komisi I akan melakukan rapat untuk menentukan apakah Yudo layak jadi Panglima TNI yang baru untuk mengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan segera pensiun.

“Pada hari itu langsung [diputuskan],” ujarnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo Margono 2 Desember

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya