SOLOPOS.COM - Salah satu pertempuran di masa Perang Krimea yang melibatkan Ottoman, Rusia, Inggris, dan Prancis. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang melawan Kekaisaran Rusia dalam Perang Krimea untuk membantu Kekaisaran Ottoman, 28 Maret 1854.

Selain Inggris dan Prancis yang mendeklarasikan perang ke Rusia, masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 28 Maret.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 28 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

193

Kaisar Romawi, Pertinax, dibunuh para penjaga istana yang lantas menjual tahtanya kepada Didius Julianus. Didius Julianus hanya memimpin Kekaisaran Romawi selama enam pekan sebelum akhirnya kekuasaannya kembali digulingkan Septimius Severus. Bukan hanya itu, saat Septimius Severus naik tahta menjadi kaisar, Didius Julianus dijatuhi hukuman mati.

Koin yang diyakini bergambar Valentinian I. (Wikipedia.org)
Koin yang diyakini bergambar Valentinian I. (Wikipedia.org)

346

Kaisar Romawi Valentinian I menunjuk adiknnya, Flavius Valens, sebagai kaisar-bersama. Valens diberi kekuasaan untuk mengatur wilayah Kekaisaran Romawi sebelah timur, sementara Valentinian I mengurus wilayah barat.

1854

Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang melawan Kekaisaran Rusia dalam Perang Krimea untuk membantu Kekaisaran Ottoman. Dalam perang tersebut, Kekaisaran Rusia yang dibantu Bulgaria pada akhirnya menelan kekalahan.

1930

Dua kota terbesar di Turki, Konstantinopel dan Angora, diubah namanya. Konstantinopel berubah menjadi Istanbul, sedangkan Angora berganti nama menjadi Ankara.

1951

Pasukan Prancis pimpinan Jean de Lattre de Tassigny berhasil mengalahkan pasukan Vietnam Utara yang dipimpin Vo Nguyen Giap dalam Pertempuran Mao Khe. Pertempuran Mao Khe adalah salah satu pertempuran dalam Perang Indochina I.

1963

Saat Perang Dingin yang melibatkan Uni Soviet dan Amerika Serikat (AS) berlangsung, seorang wanita asal AS menikah dengan pria berkebangsaan Rusia di Moskow, Rusia. Pernikahan ini dikecam pihak pemerintah Uni Soviet mengingat kedua negara tersebut sedang bersitegang.

1968

Seorang siswa sekolah menengah atas di Rio de Janeiro, Brasil, Edson Luis de Lima Souto, tewas tertembak polisi militer setempat. Penembakan itu disebabkan Edson Luis dan sejumlah siswa lainnya melakukan aksi protes meminta restoran setempat menyediakan makanan murah bagi siswa dari keluarga miskin. Edson Luis dan siswa lainnya juga merusak sebuah restoran dengan melempari batu.

1969

Presiden ke-34 Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower meninggal dunia karena mengalami gagal jantung pada usia 78 tahun. Eisenhower adalah presiden AS yang menjabat dari 1953 hingga 1961.

Stefani Joanne Angelina Germanotta alias Lady Gaga. (Reuters)
Stefani Joanne Angelina Germanotta alias Lady Gaga. (Reuters)

1986

Stefani Joanne Angelina Germanotta lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi dengan nama beken Lady Gaga.

1990

Lithuania yang belum lama memisahkan diri dari Uni Soviet membuat tembok perbatasan demi menghindari konflik bersenjata dengan Uni Soviet. Selain itu, masyarakat Lithuania diminta untuk menghentikan produksi senjata untuk Uni Soviet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya