SOLOPOS.COM - Letnan Yoshitada Niu dan para pasukan pemberontak di Jepang, 26 Februari 1936. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Upaya kudeta yang diolancarkan sekelompok perwira muda dari faksi Kodoha dari Angkatan Darat Kekaisaran Jepang untuk menggulingkan pemerintah dan kepemimpinan militer faksi Toseiha berakhir, 29 Februari 1936.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 Februari yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 29 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1752
Alaungpaya menguasai wilayah Myanmar. Alaungpaya kemudian menjadi raja Myanmar dari Dinasti Konbaung, dinasti terakhir di Myanmar.

1768
Para bangsawan di Polandia mendirikan Konfederasi Bar. Konfederasi Bar didirikan untuk mempertahankan kemerdekaan Persemakmuran Polandia-Lituania dari Rusia. Konfederasi ini juga berupaya melawan Raja Stanis?aw II Augustus dan tokoh-tokoh reformasi Polandia lainnya yang ingin membatasi kekuasaan bangsawan kaya di Persemakmuran.

1796
Perjanjian Jay yang ditandatangani Amerika Serikat (AS) dan Inggris mulai berlaku. Perjanjian itu berisi perdagangan damai antara AS dan Inggris selama 10 tahun.

Ludwig I. (Wikipedia.org)
Ludwig I. (Wikipedia.org)

1868
Raja Bavaria, Ludwig I, meninggal dunia. Ludwig memimpin bavaria sejak 3 Oktober 1825. Ia kemudian digantikan Maximilian II.

1916
Inggris menguasai Tokelau, wilayah yang terdiri atas tiga pulau kecil di Samudra Pasifik bagian selatan. Hingga kini, kepala negara Tokelau merupakan Ratu Inggris, Elizabeth II.

1936
Upaya kudeta yang diolancarkan sekelompok perwira muda dari faksi Kodoha dari Angkatan Darat Kekaisaran Jepang untuk menggulingkan pemerintah dan kepemimpinan militer faksi Toseiha berakhir. Kudeta itu gagal dan pemberontakan berhasil dipadamkan.

1940
Hattie McDaniel menjadi orang berkulit hitam pertama yang meraih Academy Award atau Piala Oscar. Prestasi itu ia dapat lewat perannya sebagai Mammy dalam film Gone with the Wind.

1944
Pasukan Sekutu menginvasi Kepulauan Admiralty di utara Samudra Pasifik demi merebutnya dari Jepang. Invasi itu berlangsung hingga 80 hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.

1960
Gempa bumi berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang pesisir Maroko dengan intensitas maksimum yang dirasakan dengan status ekstrem. Gempa bumi itu menghancurkan wilayah Agadir, Maroko dan menewaskan sekitar 12.000 orang serta melukai sekitar 12.000 lainnya.

Tokyo Skytree. (Wikipedia.org)
Tokyo Skytree. (Wikipedia.org)

2012
Pembangunan Tokyo Skytree di Tokyo, Jepang selesai. Menara yang dibangun sejak 14 Juli 2008 itu menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia dengan tinggi 634 m.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya