SOLOPOS.COM - Perbatasan antara Mesir dan Israel. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 26 Maret 1979, Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin menandatangani perjanjian damai untuk mengakhiri perang yang melibatkan kedua negara tersebut selama 30 tahun.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-85—hari ke-86 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 26 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Isrel dan Mesir yang damai, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 26 Maret.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain perjanjian damai Israel dan Mesir, pada 26 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 26 Maret:

590

Kaisar Bizantium, Maurice, menetapkan Theodosius sebagai kaisar-bersama yang memimpin Kekaisaran Bizantium bersama dirinya. Theodosius adalah adik dari Maurice.

Paus Yohanes XIX. (Wikipedia.org)
Paus Yohanes XIX. (Wikipedia.org)

1027

Paus Yohanes XIX menetapkan Conrad II sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi menggantikan Henry II. Ia menjabat hingga akhir hayatnya pada 1039 dan digantikan Henry III.

1917

Pertempuran di Gaza, Palestina untuk kali pertama meletus melibatkan pasukan kekaisaran Ottoman dan pasukan Inggris. Pasukan Inggris yang mencoba menduduki Gaza diserang 17.000 tentara kekaisaran Ottoman. Dalam pertempuran ini, pasukan Ottoman berhasil memnjadi pemenang.

1945

Pertempuran Iwo Jima antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang di Pulau Iwo Jima di Samudera Pasifik resmi berakhir. Pihak AS menyatakan Pulau Iwo Jima telah aman setelah diserang tiba-tiba oleh pasukan Jepang saat AS sudah berhasil menduduki pulau tersebut.

1971

Pakistan Timur mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari Pakistan. Kini, negara ini dikenal dengan nama Bangladesh. Deklarasi itu sekaligus menjadi awal meletusnya Pertempuran Kemerdekaan Bangladesh.

1979

Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri perang yang melibatkan kedua negara tersebut selama 30 tahun. Dalam perjanjian itu, Israel bersedia menarik pasukannya dari Semenanjung Sinai. Sebagai imbalan kepada Israel, Mesir bersedia mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

1991

Argentina, Brazil, Uruguay dan Paraguay menandatangani Perjanjian Asuncion untuk mendirikan organisasi bernama Mercosur. Mercsour didirikan untuk membuka perdagangan bebas antara negara-negara tersebut.

Mike Tyson. (Reuters)
Mike Tyson. (Reuters)

1992

Petinju kelas berat Mike Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan penjara setelah dituduh melakukan pemerkosaan. Namun hanya dalam waktu tiga tahun, Tyson sudah dapat menghirup udara segar di luar penjara alias dibebaskan.

2002

Gempa bumi dahsyat mengguncang kawasan utara Afganistan. Sebanyak 1.800 orang tewas dan sedikitnya 10.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka.

2014

Sekolah-sekolah di Korea Utara memberlakukan aturan kepada para siswa laki-laki untuk memiliki gaya rambut seperti pemimpin negeri tersebut, Kim Jong Un. Korea Utara memang membatasi gaya rambut dan gaya berpakaian rakyatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya