[ X ] CLOSE

Hari Ini Dalam Sejarah: 21 November 2010, Iran Tolak Program KB

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 21 November, salah satunya saat Iran menolak program Keluarga Berencana (KB).
Hari Ini Dalam Sejarah: 21 November 2010, Iran Tolak Program KB
SOLOPOS.COM - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Pada 21 November 2010, Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menolak program Keluarga Berencana (KB).

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-325—hari ke-326 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 21 November

Selain Iran yang menolak program KB, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 21 November.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Iran menolak program KB, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 21 November:

1386

Pasukan Kerajaan Timuriyah berhasil menguasai wilayah Kerajaan Georgia. Selain menguasai wilayahnya, pasukan Kerajaan Timuriyah juga menangkap Raja Georgia, Bagrat V.

1877

Thomas Alva Edison, pria asal Milan, Ohio, Amerika Serikat (AS), mengumumkan hasil penemuannya berupa mesin yang dapat merekam dan memainkan suara. Alat ini kemudian diberi nama fonograf.

1964

Jembatan Verrazano–Narrows di New York, Amerika Serikat (AS) resmi dibuka. Jembatan gantung tingkat dua yang menghubungkan Staten Island dan Brooklyn di New York, Amerika Serikat itu memiliki panjang bentang tengah 1.298 meter dan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia hingga 1981.

1979

Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Islamabad, Pakistan, diserang sekelompok orang tak dikenal. Serangan itu dilakukan setelah kelompok tersebut termakan hasutan siaran radio dari pemimpin Iran, Ayatollah Khomeini. Dalam siaran itu dikatakan bahwa AS merupakan dalang di balik pendudukan situs suci Islam, Kakbah di Makkah, Arab Saudi. Lantaran geram, kelompok tersebut membakar kantor Kedubes AS yang mengakibatkan tewasnya seorang tentara.

1987

Aktris top Amerika Serikat (AS), Demi Gene Guynes atau yang lebih dikenal dengan nama Demi Moore, menikah dengan rekan seprofesinya, Bruce Wills. Ini merupakan pernikahan keduanya setelah gagal membina rumah tangga dengan penyanyi Freddy Moore. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai tiga orang anak perempuan. Setelah lebih dari 10 tahun bersama, mereka memilih berpisah pada 1998.

1996

Ledakan terjadi di sebuah toko sepatu di Puerto Riko. Ledakan yang dipicu kebocoran pipa gas ini mengakibatkan 33 nyawa melayang.

2004

Kota Portsmouth, Dominika diguncang gempa berkekuatan 6 skala Richter. Menurut laporan pemerintah setempat, gempa ini menjadi yang terkuat sepanjang sejarah Dominika.

2007

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice, mencoba menengahi konflik antara Israel dan Palestina. Dia telah berbincang dengan perwakilan kedua negara yang kabarnya sepakat membantu Palestina menjadi negara yang benar-benar merdeka.

2010

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menolak program Keluarga Berencana (KB). Ia mengimbau perempuan Iran segera menikah ketika memasuki usia 16 tahun.

2013

Pemerintah Arab Saudi menangkap dua pria yang menawarkan jasa memeluk turis. Mereka menawarkan jasa itu dengan harapan bisa membuat orang lain bahagia. Namun, tindakan itu justru membuat keduanya berurusan dengan hukum lantaran menyalahi aturan pemerintah dan mengganggu ketertiban umum.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago