SOLOPOS.COM - Elizabeth I. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Elizabeth I secara resmi dinobatkan sebagai ratu untuk Inggris dan Irlandia menggantikan Mary I pada 15 Januari 1559. Selanjutnya Elizabeth I memimpin hingga akhir hanyatnya pada 24 Maret 1603. Elizabeth I merupakan pemimpin terakhir dari Dinasti Tudor yang menguasai Inggris dan Irlandia.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 15 Januari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 15 Januari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 15 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

69

Marcus Salvius Otho mengambil alih kekuasaan di Romawi dan mengklaim dirinya sebagai Kaisar Romawi. Namun, Otho hanya memimpin Kekaisaran Romawi selama tiga bulan sebelum akhirnya bunuh diri pada 16 April 69.

1559

Elizabeth I secara resmi dinobatkan sebagai ratu untuk Inggris dan Irlandia menggantikan Mary I pada 15 Januari. Kemudian Elizabeth I memimpin hingga akhir hanyatnya pada 24 Maret 1603. Elizabeth I merupakan pemimpin terakhir dari Dinasti Tudor yang menguasai Inggris dan Irlandia.

British Museum (wikipedia.org)

1759

British Museum didirikan pada tahun 1753, bermula dari koleksi milik seorang dokter dan ilmuwan bernama Sir Hans Sloane. Museum ini pertama kali dibuka kepada publik pada 15 Januari 1759 di Montagu House di Bloomsbury, yang menjadi lokasi museum ini sekarang.

Untuk diketahui, koleksi permanen British Museum berjumlah lebih dari 8 juta benda, yang merupakan salah satu koleksi dengan jumlah terbesar dan terlengkap di dunia. Koleksi berasal dari seluruh benua, yang memberikan gambaran dan dokumentasi sejarah kebuayaan manusia dari awal tercipta hingga masa kini.

Gambaran Perang Gettysburg. (Wikipedia.org)

1865

Perang Sipil Amerika Serikat, Fort Fisher di Carolina Utara jatuh ke tangan Union, memotong akses ke pelabuhan utama Konfederasi pada 15 Januari. Ini sebuah perang saudara di Amerika Serikat antara negara bagian di Utara (yang pro persatuan, disebut Uni) dengan negara bagian di Selatan (yang mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika atau dikenal sebagai kubu "Konfederasi").

1919

Tangki penyimpanan molase atau tetes tebu di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) bocor dan mengakibatkan banjir bandang molase dengan kecepatan 56 km per jam. Bahkan akibat peristiwa itu, 21 orang tewas dan 150 orang terluka. Selanjutnya peristiwa tragis itu dikenang dengan sebutan Bencana Molase Boston.

1943

Gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) di Arlington, Virginia dekat Washington D.C. telah selesai dibangun pada 15 Januari. Gedung yang dikenal sebagai The Pentagon itu mulai dibangun sejak 11 September 1941.

1943

Pasukan Uni Soviet mulai melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman dan pasukan Hungaria di Voronezh, Uni Soviet. Kemudian serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung dari 24 Januari sampai 17 Februari 1943 dan berakhir dengan kemenangan Uni Soviet.

RI Matjan Tutul, kapal milik Indonesia yang tenggelam dalam Pertempuran Laut Aru. (Wikimedia.org)
RI Matjan Tutul, kapal milik Indonesia yang tenggelam dalam Pertempuran Laut Aru. (Wikimedia.org)

1962

Pertempuran antara pasukan Indonesia dan pasukan Belanda pecah di Laut Arafura, Indonesia pada 15 Januari. Namun, dalam peristiwa yang dikenal dengan nama Pertempuran Laut Aru itu, kapal milik Indonesia, RI Matjan Tutul yang dikomandani Komodor Yos Sudarso, tenggelam setelah ditembak kapal perang Belanda. Pertempuran itu merupakan salah satu dari serangkaian usaha Indonesia membebaskan Papua Barat dari Belanda.

Susi Pudjiastuti lahir pada 15 Januari 1965
Susi Pudjiastuti (Wikipedia.org)

1965

Susi Pudjiastuti, lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965. Dia pernah menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja 2014-2019. Untuk diketahui, Susi Pudjiastuti adalah pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan. Termasuk juga PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

1974

Kunjungan Perdana Menteri Jepang Tanaka Kakuei ke Jakarta diwarnai aksi demonstrasi yang berbuntut kerusuhan. Semula aksi terhadap Tanaka Kakuei itu dimaksudkan untuk menunjukkan penolakan mahasiswa terhadap dominasi Jepang dalam pembangunan oleh Orde Baru. Namun, saat demonstrasi itu terjadi kerusuhan, pembakaran, dan penjarahan. Sehingga Presiden Soeharto pun memberhentikan Soemitro sebagai Panglima Kopkamtib. Kini, peristiwa itu dikenang dengan nama Peristiwa Malapetaka Limabelas Januari (Malari).

1975

Portugal dan Angola menandatangani Perjanjian Alvor di ALvor Portugal demi mengakhiri Perang Kemerdekaan Angola pada 15 Januari. Kemudian dalam perjanjian tersebut, Portugal bersedia memberikan kemerdekaan kepada Angola pada 11 November 1975.

Jermaine Lloyd Pennant. (Reuters)
1983

Jermaine Lloyd Pennant lahir di Nottingham, Inggris. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Inggris, yakni Arsenal dan Liverpool. Pennant membela Arsenal sejak 1999 sampai 2005 dan Liverpool pada 2006 sampai 2009.

1991



Batas waktu yang diberikan PBB agar Irak menarik pasukannya dari Kuwait sudah habis pada 15 Januari. Hal itu memudahkan pasukan Koalisi yang terdiri atas Kuwait, Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Arab Saudi melancarkan Operasi Badai Gurun. Kemudian dari operasi yang berlangsung selama lebih dari sebulan itu, pasukan Irak akhirnya menarik diri dari Kuwait sekaligus mengakhiri Perang Teluk yang berlangsung sejak 2 Agustus 1990.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya