SOLOPOS.COM - Pidato pertama Soekarno mengenai Pancasila pada 1 Juni 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kata Pancasila untuk kali pertama dikemukakan Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945. Hari penyampaian Pancasila oleh Soekarno itu lantas diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila

Hari Lahirnya Pancasila menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 1 Juni.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Selain Hari Lahirnya Pancasila, masih banyak peristiwa bersejarah pada 1 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

193

Kaisar Romawi Didius Julianus dibunuh di Istananya oleh Septimius Severus yang kemudian merbut takhta kaisar Romawi. Sebelumnya, Didius Julianus juga merebut takhta kaisar Romawi dengan cara membeli dari Penjaga Pretoria yang telah membunuh kaisar sebelumnya, Pertinax.

1913

Perjanjian Aliansi Yunani-Serbia ditandatangani di Thessaloniki, Yunani. Perjanjian tersebut adalah langkah awal negara-negara yang beraliansi untuk memulai Perang Balkan II untuk melawan Kerajaan Bulgaria.

1918

Pertempuran antara pasukan Sekutu di bawah pimpinan John J. Pershing serta James Harbord dan pasukan Kekaisaran Jerman yang dipimpin Pangeran Jerman, Wilhelm, meletus di Hutan Belleau, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama 26 hari. Pihak sekutu berhasil menjadi pemenang dalam pertempuran yang disebut dengan istilah Pertempuran Belleau Wood itu.

The Reign of the Super-Man dalam majalah Science Fiction, Vol. 1, No.3, Juni 1933. (Wikipedia.org)

1938

Tokoh superhero Superman untuk kali pertama tampil dalam komik produksi DC Comic. Komik pertama yang menampilkan tokoh Superman itu dijual dengan harga 10 sen US$. Superman adalah tokoh superhero yang diciptakan seniman asal Kanada, Joe Shuster.

1942

Kabar tentang pembantaian terhadap orang Yahudi yang dilakukan Jerman atau yang disebut Holocaust untuk kali pertama tersebar dalam surat kabar. Kabar tersebut menyebar di Kota Warsawa, Polandia lewat surat kabar Brigade Liberty.

1941

Pasukan Jerman berhasil merebut Pulau Kreta dari tangan Yunani. Hal itu sekaligus mengakhiri Pertempuran Pulau Kreta antara Jerman dan Yunani.

1945

Kata Pancasila untuk kali pertama dikemukakan Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Hari penyampaian Pancasila oleh Soekarno itu lantas diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Pada 2016 lalu, Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Lahirnya Pancasila sebagai hari libur nasional.

Pamela Anderson. (Ign.com)
Pamela Anderson. (Ign.com)

1967

Pamela Denise Anderson lahir di Ladysmith, British Columbia, Kanada. Ia lantas dikenal luas di dunia sebagai aktris dan model. Pamela juga dikenal sebagai aktris yang kerap memamerkan kemolekan tubuhnya.

1988

Javier Hernandez Balcazar lahir di Guadalajara, Meksiko. Ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Manchester United, selama lima tahun, dari 2010 hingga 2015. Javier Hernandez lebih dikenal dengan nama Chicharito sebagai julukannya. Kini, pria yang genap berusia 30 tahun tersebut membela LA Galaxy.

1991

Presiden Amerika Serikat (AS) George H.W. Bush dan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian untuk menghentkan produksi senjata kimia. Selain itu, senjata kimia yang sudah diproduksi kedua negara tersebut juga wajib dimusnahkan. Bertemunya dua pemimpin negara tersebut sekaligus menjadi tanda berakhirnya Perang Dingin yang berlangsung sejak 1947.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya