SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Solopos.com, SOLO -- Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peringatan Hari AIDS Sedunia merupakan salah satu peristiwa pada hari ke-335 atau ke-336 dalam tahun kabisat pada kalender Gregorian dengan 30 hari menjelang akhir tahun.

Selain peringatan Hari AIDS Sedunia, ada sejumlah peristiwa bersejarah lainnya, seperti dikutip Solopos.com dari Wikipedia.org, Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Desember.

1918

Pada tahun 1262, Islandia menjadi bagian dari Norwegia hingga pada tahun 1814 Islandia menjadi bagian dari Denmark. Akhir abad ke-19, banyak penduduk Islandia yang ingin memerdekakan dari Denmark. Kemudian pada tahun 1918, Islandia mendapatkan kedaulatannya, tetapi raja Denmark masih didaulat menjadi raja Islandia.

1953

Woody Allen lahir di New York City, 1 Desember 1935. Kemudian pria yang memiliki nama asli Allen Stewart Konigsberg, dikenal sebagai seorang aktor, sutradara film, penulis, musikus (Klarinet), dan pelawak asal Amerika Serikat.

1960

Republik Afrika Tengah ialah sebuah negara di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan Kamerun. Dahulu negara ini merupakan koloni Prancis bernama Ubangi-Shari, yang mencapai kemerdekaan pada 1960.

1974

Sebuah Boeing 727 yang digunakan oleh TWA penerbangan 514 mengalami kecelakaan di barat laut Bandara Internasional Dulles dan menewaskan 92 orang.

Boeing 727 adalah tipe sebuah pesawat penumpang sipil yang dibuat oleh Boeing. Pesawat ini dahulu merupakan pesawat paling populer di dunia untuk waktu yang lama sebelum disusul oleh saudaranya Boeing 737. 727 pertama kali mengudara pada 1963.

1990

Terowongan Channel (Channel Tunnel) adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50 kilometer di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover). Terowongan ini menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Prancis.

1995

James Anthony Wilson, pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai penyerang untuk Salford City lahir 1 Desember 1995. Dia memulai kariernya bersama Manchester United, dan telah bermain dengan status pinjaman di Brighton &Hove Albion, Derby County, Sheffield United dan Aberdeen. Ia juga mewakili Inggris dalam tim U-16, U-19, U-20, dan U-21.

2004

Pangeran Bernhard dari Belanda meninggal di Utrecht, Belanda. Pangeran Bernhard lahir di Jena, Jerman 29 Juni 1911. Kemudian pada 7 Januari 1937 Pangeran Bernhard menikah dengan Ratu Juliana di Den Haag, Belanda.

Hari Ini Dalam Sejarah: 30 November 1939, Perang Musim Dingin Pecah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya