SOLOPOS.COM - Begini cara mahasiswa Makassar memperingati Hari Ibu, Senin (22/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Dewi Fajriani)

Solopos.com, SOLO – Hari ini, Senin (22/12/2014), warga Indonesia merayakan Hari Ibu. Berbagai macam kegiatan dilakukan untuk mengutarakan rasa terima kasih dan sayang kepada sang ibu. Tapi tak banyak yang tahu sejarah penetapan Hari Ibu di Indonesia.

Liputan6.com, Senin (22/12/2014), mengungkapkan catatan bahwa tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu dengan memanfaatkan momentum hari pembukaan Kongres Perempuan di Indonesia. Dalam kongres yang digelar di Jogja itu, perwakilan perempuan dari pelbagai wilayah Indonesia bertemu membahas perjuangan perbaikan derajat kedudukan perempuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa tokoh wanita hadir di hari tersebut. Mereka adalah Ibu Nyi Hajar Dewantara yang merupakan istri tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara. Ada pula Suyatin, putri Indonesia pertama yang menjadi ketua penyelenggara. Sejak itulah menurut Liputan6.com, peran perempuan mulai diperhitungan, terutama perannya sebagai seorang ibu. Perayaan Hari Ibu dianggap mampu menumbuhkan generasi baru yang lebih lebih baik bagi bangsa.

Pelbagai catatan lain sejarah Indonesia menyebutkan momentum kongres yang digelar di Dalem Jayadipuran, 22-25 Desember 1928, itulah yang dijadikan anjakan Presiden Soekarno menetapkan Hari Ibu melalui Dekrit Presiden No. 316/1953, tepat pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia. Hari Ibu ditetapkan sebagai hari nasional yang bukan hari libur.

Hari Ibu menurut catatan sejarah itu bukannya terkait dengan peran domistik perempuan sebagai istri ataupun ibu rumah tangga, melainkan dimaksudkan Soekarno sebagai penghargaan atas semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Meski demikian kini berkembang semangat lain terkait dengan Hari Ibu. Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Ibu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pengguna situs jejaring sosial (netizen) turut merayakan Hari Ibu di dunia maya. Di Twitter, “Selamat Hari Ibu”, “Happy Mother’s Day”, hingga hashtag #TerimakasihIbu menempati jajaran teratas topik terhangat (trending topic). Netizen ramai mengunggah ucapan selamat hingga gambar-gambar ungkapan terima kasih kepada ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya