top ear
Acara pengukuhan guru besar ilmu akuntansi di Udinus Semarang, Rabu (15/11/2020). (Semarangpos.com/Humas Udinus Semarang)
  • SOLOPOS.COM
    Acara pengukuhan guru besar ilmu akuntansi di Udinus Semarang, Rabu (15/11/2020). (Semarangpos.com/Humas Udinus Semarang)

Hari Guru, Udinus Semarang Kukuhkan Guru Besar Ilmu Akuntansi

Secara resmi, Prof. Dwiarso mendapatkan jabatan fungsional sebagai Guru Besar pada 9 September 2020.
Diterbitkan Rabu, 25/11/2020 - 22:30 WIB
oleh Solopos.com/Imam Yuda S.
2 menit baca
Festival Ayo Membaca 2021

Solopos.com, SEMARANG -- Universitas Dian Nuswantoro atau Udinus Semarang mengukuhkan satu guru besar dalam bidang ilmu akuntansi, yakni Prof. Dr. St Dwiarso Utomo SE, M.Kom. Akt. CA. Dwiarso dikukuhkan sebagai guru besar pada Rabu (25/11/2020), atau bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Ia menjadi guru besar ketiga yang dikukuhkan Udinus Semarang sepanjang tahun 2020. Dalam orasi ilmiahnya di acara pengukuhan, Prof. Dr. St Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt, CA menyampaikan ‘Paradigma Baru, Profesi Akuntan di Era Industri 4.0’.

Prof. Dwiarso Utomo saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan di Udinus Semarang. Prof Dwiarso lahir di Semarang 24 Desember 1956 dan mencintai dunia akuntansi berkat Pelajaran Tata Buku Hitung Dagang yang ia pelajari semasa SMA.

Secara resmi, Prof. Dwiarso mendapatkan jabatan fungsional sebagai Guru Besar Udinus Semarang, pada 9 September 2020. Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dwiarso Utomo mengatakan satu di antara dampak dari Revolusi Industri 4.0 yakni berubahnya bentuk dan proses bisnis. Perubahan tersebut seperti pendanaan atas bisnis, jumlah aset teknologi semakin banyak, dan berkurangnya penggunaan sumber daya manusia (SDM).

Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun, Ini Strategi Pemprov Jateng

Teknologi Big Data

Menurutnya pada era sekarang ini semakin meningkat penggunaan teknologi, robotics and data analytics (big data) dalam menangani pekerjaan-pekerjaan dasar akuntan. Seperti mencatat transaksi, memilah transaksi, mengolah transaksi, dan membuat laporan transaksi.

“Teknologi big data juga merambah dalam kegiatan pemeriksaan keuangan [audit]. Secara keseluruhan, seorang akuntan harus beradaptasi terhadap perubahan model industri 4.0. Jika seorang akuntan tidak mampu beradaptasi maka profesi akuntan akan hilang,” tegas guru besar Udinus Semarang ini.

Acara pengukuhan Prof. Dwiarso sebagai guru besar ilmu akuntansi digelar secara daring di Gedung E lantai ketiga Udinus Semarang. Acara juga menerapkan protokol kesehatan dengan dihadiri anggota Senat Udinus.

Pemdes Sendang Wonogiri Hanya Layani Warga Bermasker

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, mengatakan bertambahnya satu guru besar di Udinus itu menjadi kado terbaik saat peringatan Hari Guru Nasional.

“Perguruan tinggi tidak hanya sekedar mencetak sarjana, magister dan doktor, namun juga harus mencetak guru besar. Perguruan tinggi berperan penting dalam keberlangsungan peradaban bangsa, utamanya di bidang pendidikan,” tegas Rektor Udinus Semarang.

 

 


Editor : Profile Arif Fajar Setiadi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini