SOLOPOS.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyinggung tentang kesejahteraan layak dan merata, khususnya guru honorer di pelosok negeri.

Ketua DPR menyampaikan itu pada momen peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada Kamis (25/11/2021). Puan mengapresiasi jasa guru dalam mendidik bangsa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Jadi Bahan Film Kritikan, Begini Kondisi Jalan Rusak di Deles Klaten

“Selamat Hari Guru Nasional tahun 2021 dan selamat hari ulang tahun ke-76 PGRI. Bangkit guruku, maju negeriku,” kata Puan, seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (25/11/2021).

Puan mengingatkan masih banyak guru belum mendapatkan kesejahteraan layak, khususnya guru berstatus honorer. Puan meminta nasib guru honorer lebih diperhatikan, khususnya guru yang telah lama mengabdi.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka perjuangan tanpa batas yang tak kenal menyerah. Maka sudah menjadi kewajiban negara memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru,” tuturnya.

Baca Juga : Sebelum Meninggal dengan Luka Tusuk, Warga Colomadu Seperti Linglung

Dia mengapresiasi pemerintah memberikan afirmasi terhadap guru honorer saat seleksi aparatur sipil negara (ASN) dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Puan menilai tambahan afirmasi menjadi bentuk penghargaan negara terhadap dedikasi guru honorer.

Seperti diketahui, kesejahteraan guru honorer terbilang sangat kecil. “Kami mendorong pemerintah semakin mempermudah seleksi guru honorer yang telah lama mendedikasian diri untuk mendidik anak-anak. Banyak perjuangan guru honorer, khususnya di pelosok yang gajinya bahkan tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Puan.

Baca Juga : 10 Mobil dan 1 Motor Harley Sitaan Korupsi Jiwasraya Laku Rp6,1 Miliar

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu meminta pemerintah segera merealisasikan komitmen memberikan kesejahteraan merata kepada seluruh guru. Puan menegaskan DPR RI akan terus mengawal kebijakan pemerintah terkait guru.

“Salah satu fungsi pengawasan DPR dalam masa sidang ini diarahkan kepada pengawasan program satu juta guru PPPK tahun 2021. DPR akan memastikan pendistribusian guru merata agar permasalahan kekurangan dan pemerataan guru di setiap jenjang selesai.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya