SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi massal dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 yang digelar oleh Polres Wonogiri di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (26/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI -- Polres Wonogiri menggelar vaksinasi massal dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75. Penyuntikan vaksin dilaksanakan di tujuh lokasi yang tersebar di sejumlah daerah di Wonogiri.

Vaksinasi itu juga sebagai bentuk program Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri yang serentak dilakukan serentak di 34 wilayah Polda Jateng. Kegiatan bertajuk Sehari Satu Juta Vaksin itu dilaksanakan Sabtu (26/6/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, tujuh lokasi yang digunakan untuk vaksinasi massal berada di Desa Sendangijo dan Desa Pare di Kecamatan Selogiri, Kelurahan Giriwono (Wonogiri), Desa Ngadirojo Lor (Ngadirojo). Kemudia Desa Baturetno (Baturetno), Desa Joho (Pracimantoro), serta di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Baca Juga: Wonogiri Targetkan Tahun Ini Raih Predikat Nindya Kabupaten Layak Anak

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan vaksinasi massal ini wujud komitmen pemerintah dalam mempercepat vaksinasi. Selain itu kegiatan itu dapat memunculkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Komitmen mempercepat vaksinasi dibuktikan dengan adanya penyuntikan vaksin serentak di seluruh daerah pada hari ini. Pelaksanaan ini dapat menjadikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin aman," kata dia kepada wartawan di Terminal Wonogiri, Sabtu.

Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan pada vaksinasi massal ini ada 400 vial yang disediakan sehingga bisa diperuntukkan untuk 4.000 masyarakat Wonogiri.

Baca Juga: Cegah Ancaman Longsor, Ratusan Pohon Beringin Ditanam di Pegunungan Bulukerto Wonogiri

Strategis

Menurut dia, langkah Polri sebagai institusi vertikal dalam melakukan program Serbuan Vaksinasi Nasional TNI/Polri sangat strategis. Hal itu memunculkan aura positif sekaligus memberikan semangat kepada pemerintah daerah untuk terus mengabdi kepada masyarakat.

"Kami juga akan menggenjot vaksinasi bagi masyarakat. Saat ini Bio Farma telah mengirim 2.185 vial vaksin untuk Wonogiri. Hal ini Ini juga sebagai bentuk dukungan program sehari satu juta vaksin yang digagas pemerintah pusat," kata Jekek.

Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Wonogiri. Warga yang divaksin sudah didata terlebih dahulu. Warga tidak bisa tiba-tiba datang ke lokasi vaksinasi untuk meminta vaksin. Hal itu untuk melancarkan penyuntikan vaksin dosis kedua.

Baca Juga: Duh! Tempat Tidur Untuk Pasien Covid-19 di RSUD Wonogiri Hampir Penuh

"Tujuan utama vaksinasi ini untuk pemulihan perekonomian masyarakat. Selain itu juga memperluas cakupa demi mempercepat kekebalan komunitas atau herd immunity," kata dia.

Hingga Sabtu pukul 15.00 WIB, sudah ada 97% warga atau 3.888 orang yang divaksin dari target yang ditentukan. Dengan rincian Desa Baturetno 400 orang, Desa Ngadirojo Lor 831 orang, Desa Joho 821 orang, Kelurahan Giriwono 507 orang, Desa Sendang Ijo 542 orang, Desa Pare 480 orang dan Terminal Wonogiri 310 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya