SOLOPOS.COM - Anggota Pramuka Boyolali menebar benih ikan di Embung Kedung Banteng, Cabean Kunti, Cepogo, pada pada Selasa (23/2/2022). Ada 22.222 benih lele yang disebar di 11 tempat oleh Kwarcab Boyolali. (Istimewa/Kwarcab Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali menyelenggarakan berbagai kegiatan pada Selasa (22/2/2022) dalam rangka memperingati hari kelahiran bapak pandu dunia, Baden Powell.

Salah satu kegiatan dilaksanakan di Embung Kedung Banteng, Cabean Kunti, Cepogo. Anggota Pramuka yang berasal dari SMKN 1 Mojosongo, Boyolali, menebar 22.222 bibit ikan lele di 11 embung dan dimulai dari Embung Kedung Banteng. Kegiatan ini juga diselenggarakan di kecamatan lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya pada Senin (21/2/2022) malam, Kwarcab Boyolali terlebih dahulu menggelar kegiatan renungan malam di Bungalow, Selo, Boyolali. Renungan malam tersebut untuk mengenang lahirnya bapak pandu dunia tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pitaran pelatih yang diikuti sebanyak 30 pelatih Kwarcab Boyolali.

Baca Juga: SMAN 1 Kemusu Dilanda Banjir Bandang, Pramuka Boyolali Kerahkan Anggota

“Peringatan hari Baden Powell yang ke 165 di Kwarcab Boyolali ini diwarnai dengan serangkaian kegiatan, dimulai malam ini dilaksanakan renungan. Kegiatan lain diantaranya pertama penanaman pohon di wilayah Kwarran [Kwartir Ranting] Simo, kemudian ada kegiatan pencabutan paku di pohon yang diikuti oleh adik adik pramuka dari Pangkalan SMPN 1 Boyolali, Kwarran Boyolali Kota,” kata Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Selasa (22/2/2022) malam.

Supana berharap generasi Pramuka muda nantinya dapat mewarisi sifat dan karakter Baden Powell. “Hal tersebut karena Baden Powell adalah sosok yang melahirkan dan membesarkan kepanduan. Akhirnya Pramuka bisa seperti sekarang atas inisiasi beliau,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, , Eksani, mengatakan peringatan Baden Powell Day diperingati tiap tanggal 22 Februari. Ia mengatakan, tahun ini adalah peringatan ke 165.

Baca Juga: Asal Usul Tari Topeng Ireng, Wajah Budaya Lereng Merbabu Boyolali

“Setiap tahun pramuka boyolali tetap memperingati baden powell day, meski tahun kemarin [2021] sudah pandemi, kami tetap menggelar Baden Powell Day. Tahun kemarin, Kwarcab Boyolali membagikan ribuan masker pada warga dan pedagang di sejumlah pasar, seperti Pasar Boyolali Kota, Pasar Ampel hingga Pasar Simo,” kata dia.

Pada tahun 2020, Kwarcab Boyolali menggelar Baden Powell Day dengan cara menggelar lomba video dan film pendek tentang kiprah Pramuka di Boyolali.

“Saat itu juaranya dari SMPN 1 Boyolali dan SMKN 1 Mojosongo. Kemudian, di tahun ini juga kami peringati dengan berbagai kegiatan, seperti tanam pohon, cabut paku di pohon, tebar bibit ikan, hingga kegiatan renungan tadi malam di Bungalow, Selo,” jelasnya.

Baca Juga: Kwarcab Boyolali Targetkan Cetak 1.500 Pramuka Garuda dan 1.000 Pembina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya