SOLOPOS.COM - dr Ardi Santoso, Sp. A, M. Kes. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Tepat di Hari Anak Nasional, dokter spesialis anak asal Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mengingatkan bahaya stunting atau gagal tumbuh kembang pada anak.

Menurut dr Ardi, orang tua sudah sewajibnya mewujudkan cita-cita dan harapan luhur anak-anak dengan selalu mengawal tumbuh kembang mereka dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Orang tua juga diimbau untuk terus menjaga nutrisi anak-anak agar terhindar dari ancaman stunting. Dokter yang aktif berkonten di akun Instagram @ardisantoso ini menjelaskan pencernaan yang sehat adalah kunci anak-anak tetap sehat dan terhindar dari stunting.

Ekspedisi Mudik 2024

Makanan yang bernutrisi, adekuat, dan menjaga pencernaan yang sehat akan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Baca Juga: Semester I 2022, Jumlah Pernikahan Anak di Karanganyar Turun

Pengingat soal stunting dari dr Ardi tepat di Hari Anak Nasional ini bukan tanpa alasan. Ia mengatakan anak-anak yang ada saat ini akan memegang peranan strategis ketika usia kemerdekaan Indonesia mencapai 100 tahun di 2045 mendatang.

Oleh karena itu, ia berharap calon pemimpin bangsa adalah generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter, serta memegang erat nilai-nilai moral.

Selain soal stunting, dokter yang bertugas di Klinik Utama Kasih Ibu Sehati itu juga mengingatkan orang tua untuk menjaga anak dari intimidasi, diskriminasi, serta kekerasan baik fisik maupun verbal. Anal-anak juga selayaknya tumbuh di lingkungan aman.

Baca Juga: Pesan Penanganan Stunting Lewat Guyon Maton di Tawangmangu Karanganyar

Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat bukan karena tekanan, namun karena rasa cinta yang besar pada kehidupan.

Dalam memperingati Hari Anak Nasional, dr Ardi mengajak masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menjamin kebutuhan anak demi terciptanya jargon Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya