SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menghadiri peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7/2017). (jIBI/Solopos/Antara)

Forum Anak Nasional (FAN) mengajukan 10 permintaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Solopos.com, RIAU—FAN menyampaikan 10 permintaan di hadapan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami anak Indonesia menyuarakan, pertama, tingkatkan akses pelayanan pembuatan akta kelahiran terkhusus di daerah pelosok,” kata perwakilan FAN di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau seperti dilansir Antara, Minggu (23/7/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Hadir pula dalam acara itu Mufidah Jusuf Kalla; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani; Menteri Sekretariat Kabinet Pratikno; Kepala Badan Kreatif Indonesia Triawan Munaf; dan masih banyak lagi.

Permintaan kedua anak-anak adalah peningkatan peran forum anak dalam proses pembangunan; ketiga, pelibatan tokoh masyarakat dalam implementasi pendewasaan usia perkawinan. Keempat penumbuhan pola asuh ramah anak, kelima peningkatan pengendalian peredaran narkotika dan psikotropika serta perlindungan anak dari iklan, promosi, sponsor, dan asap rokok.

Keenam peningkatan fasilitas kesehatan ramah anak dan perbaikan gizi buruk anak, ketujuh peningkatan pendidikan melalui implementasi pelaksanaan lima hari sekolah serta penghapusan zona.

Kedelapan adalah peningkatan penggunaan Internet sehat disertai semangat literasi pada anak, kesembilan peningkatan pembelajaran siaga untuk anak di daerah rawan bencana dan konflik, serta kesepuluh melindungi anak dari segala bentuk eksploitasi dan kekerasan seksual. “Ditetapkan di Riau, 21 Juli 2017, atas nama anak Indonesia,” kata perwakilan FAN.

Sementara itu, dalam HAN 2017, Jokowi menghibur anak-anak dengan bermain sulap. Ia mempraktikkan sulap itu bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi.

“Sekarang saya mau mengundang Ibu Negara, Ibu Jokowi ayo maju Bu, saya undang karena saya mau main sulap. Saya sudah lima hari lima malam belajar sulap,” kata Presiden di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau, Minggu.

Salah seorang anak yang beruntung bernama Amin diminta menjadi asisten sulap. Pada akhir pertunjukan dia mendapat hadiah jam tangan dari Presiden. Amin pun turun panggung dengan mendapat jam tangan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya