SOLOPOS.COM - Gedung RSUD dr Moewardi, Solo

Hari Alzheimer Sedunia diperingati oleh RSUD dr. Moewardi Solo.

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Solo bakal memberikan konsultasi dan pemeriksaan gratis pada masyarakat, Jumat (22/9/2017). Kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Alzheimer Sedunia (World Alzheimer’s Day).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Peringatan Hari Alzheimer Sedunia memang jatuh pada Kamis [21/9/2017]. Tetapi karena itu hari libur, kami memeringati dengan pemeriksaan gratis sehari setelahnya,” ujar Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr. Moewardi, Eko Haryati, Selasa (19/9/2017).

Menurutnya, masyarakat harus mewaspadai berbagai gejala penyakit alzheimer agar mereka bisa melakukan penanganan lebih dini. Ia mengajak masyarakat datang ke RS yang dikelola Provinsi Jawa Tengah tersebut untuk mengetahui lebih lanjut masalah alzheimer .

“Masyarakat yang merasa ingatannya mulai berkurang atau yang masih sehat bisa datang untuk konsultasi gratis. Ini adalah bagian dari edukasi yang diberikan RS ini,” kata dia.

Sementara itu, dokter spesialis saraf RSUD Dr. Moewardi, dr. Agus Soedomo, menjelaskan penyakit alzheimer kali pertama ditemukan oleh dokter berkebangsaan Jerman bernama dr. Alois Alzheimer pada 21 September 1906. Hal itulah yang melatarbelakangi penetapan Hari Alzheimer Sedunia.

Ia menyatakan penderita alzheimer mengalami gangguan kinerja otak untuk berpikir dan mengingat. Penderita merasa terus menerus kebingungan, kesulitan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulisan serta mengalami perubahan kepribadian.

“Gejala awal alzheimer antara lain kemerosotan daya ingat, kesulitan berbahasa dan disorientasi personal. Kemerosotan daya ingat misalnya lupa pada hal-hal yang baru saja terjadi seperti lupa menaruh barang. Penderita penyakit ini cenderung mengulang-ulang cerita yang sama atau gagap saat pengucapan serta tindakannya,” terangnya, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya