Hari AIDS Sedunia, Para Pesohor Ini Tunjukkan Kepedulian

Ada sejumlah pesohor tunjukkan kepedulian terhadap HIV/AIDS.
Hari AIDS Sedunia, Para Pesohor Ini Tunjukkan Kepedulian
SOLOPOS.COM - Rihanna. (Instagram/badgal_rihanna)

Solopos.com, SOLO-Setiap 1 Desember seluruh dunia memeringati Hari AIDS Sedunia, sejumlah pesohor pun secara rutin telah menunjukkan kepedulian mereka terhadap para penderita HIV/AIDS.  Bahkan tak sedikit mendirikan yayasan sebagai bentuk dukungan mereka.

Ada sejumlah pesohor tunjukkan kepedulian terhadap HIV/AIDS, mereka antara lain Elton John, Rihanna, hingga Victoria Beckham. Lalu bagaimana bentuk kepedulian mereka? Simak ulasannya seperti dikutip dari Liputan6.com pada Rabu (1/12/2021):

1. Elton John

Salah satu pesohor yang tunjukkan kepedulian terhadap HIV/AIDS adalah Elton John. Penyanyi ini mendirikan Elton John AIDS Foundation pada tahun 1992 yang mendukung kegiatan amal dan program di 55 negara di seluruh dunia dan telah mengumpulkan lebih dari US$125 juta (Rp1,7 triliun).

Baca Juga: Dono dan Kasino Pernah Berseteru, Begini Sikap Indro Warkop DKI

Ia juga menyelenggarakan banyak penggalangan dana sepanjang tahun, teramsuk pesta pasca-Grammy dan pasca-Oscar yang menarik banyak A-lister. Salah satu penggalangan dananya, The Vision Benefit di New York pada November lalu, dan mengumpulkan US$3,15 juta (Rp 45 miliar) untuk mendukung layanan HIV/AIDS di seluruh Amerika Serikat dan Karibia. Pada Hari AIDS Sedunia, ia mengadakan acara amal lainnya di London, The Radical Eye EJAF untuk menggalan dana.

2. Pangeran Harry dan Rihanna

Mendiang ibunya, Putri Diana, mendukung para penderita AIDS di eranya ketika hal tersebut masih belum populer untuk dilakukan. Putri Diana pernah terlihat dalam suatu doto memegang seorang pasien di rumah sakit yang sekarat karena penyakit itu.

Gambar itu meyakinkan publik bahwa penyakit AIDS tidak menular melalui kontak biasa dan juga membantu melawan stigma penyakit ini. Saat tur kerajaan di Barbados yang pada waktu itu bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia, Pangeran Harry mengunjungi pusat drop-in HIV untuk melakukan tes darah HIV secara langsung. Ia ingin menunjukkan betapa mudah dan pentingnya tes itu dan bagaimana obat antiretroviral dapat membantu memerangi virus.

Baca Juga: Ini Perjalanan Karier Awkarin yang Habis Dilamar Kekasih

Penyanyi pop Rihanna juga berada di negara asalnya Barbados pada waktu yang sama dengan Pangeran Harry dan bergabung dengannya di pusat drop-in HIV di Bridgetown, ibu kota negara itu. Dia juga setuju untuk melakukan tes HIV dan langsung mendorong banyak orang untuk melakukan tes itu.

3. John Legend

Penyanyi ini bekerja sama dengan Belvedere Vodka untuk kampanye #MAKETHEDIFFERENCE. Merek minuman keras tersebut menciptakan botol edisi terbatas di mana 50 persen keuntungannya akan digunakan untuk Dana Global guna memerangi HIV/AIDS di Afrika.

4. Victoria Beckham

Perancang busana dan mantan anggota Spice Girl ini percaya bahwa kita tidak pernah telalu muda untuk mengajarkan manfaat amal.  Selama beberapa tahun terakhir, Victoria merancang sebuah kaus untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, dan tahun ini dia meminta bantuan putrinya, Harper.

Baca Juga: Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyum Artis Korea Berbayaran Termahal

Anak berusia lima tahun itu membuat ilustrasi yang ditampilkan di kaus dan dijual di website victoriabeckham.com. Semua keuntungan dari penjualan kaus akan disumbangkan ke Born Free Africa, sebuah badan amal yang bekerja untuk Pencegahan Penularah dari Ibu ke Anak.

5. Bono U2

Bintang rock dalam grup band U2 adalah salah satu pendiri RED bersama Bobby Shriver, sebuah organisasi yang mendaftarkan berbagai merek dari Coca-Cola, Nike, Apple, hingga GAP untuk memproduksi produk khusus dengan RED logo. Penjualan akan didistibusikan untuk disumbangkan ke para penderita AIDS, malaria, dan TBC

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago