SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

Solopos.com, SRAGEN — Objek Wisata Gunung Kemukus di Sumberlawang, Sragen, adalah objek wisata untuk semua kalangan dan semua umur. Dibilang objek wisata untuk semua kalangan karena harga tiket masuk Gunung Kemukus sangat murah.

Sekarang Gunung Kemukus tak lagi kental dengan nuansa wisata esek-esek setelah direvitalisasi pada tahun lalu. Dengan brand baru, New Kemukus, kini siapa pun tak malu mengaku habis berkunjung ke Gunung Kemukus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harga tiket masuk Gunung Kemukus dibanderol hanya Rp5.000 per orang pada hari biasa. Sementara pada hari Minggu dan hari libur, harga tiket masuk naik sedikit jadi Rp6.000/orang.

Nah, kalau Anda berkunjung ke Gunung Kemukus pada hari tertentu, harga tiket masuknya naik dua kali lipat jadi Rp10.000/orang. Hari tertentu itu adalah Jumat Kliwon dan Jumat Pon.

Baca Juga: Viral, Pengunjung Ngaku Bayar Tiket Masuk Gunung Kemukus Rp42.000

Jika Anda datang membawa kendaraan, tarif parkirnya pun terbilang standar. Yakni Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Itu dengan catatan Anda memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang disediakan pengelola Gunung Kemukus.

Ceritanya akan berbeda jika Anda memarkirkan kendaraan di lahan parkir milik warga. Tarifnya bisa dua kali lipat atau bahkan lebih.

“Mungkin ada tarif parkir Rp10.000 di luar sana. Itu kantong parkir yang dikelola warga, bukan pengelola pariwisata. Lokasi lahan parkir kami di belakang kantor,” papar penanggung jawab Objek Wisata Gunung Kemukus, Marcellus Suparno, Selasa (8/2/2022).

Gunung Kemukus memang menjadi idola baru pariwisata Sragen yang sebelumnya ditempati Sangiran. Ini dibuktikan dari banyaknya wisatawan yagn berkunjung ke New Kemukus. Belum sebulan sejak dibuka di awal Januari hingga 18 Januari 2022, pengelola sudah meraup pendapatan Rp90 juta. Padahal, target pendapatan asli daerah (PAD) dari Gunung Kemukus yakni Rp180 juta/tahun.

Baca Juga: Cerita Bupati Sragen yang Ingin Beli Tempat Karaoke di Gunung Kemukus

“Target sudah ada, sekitar Rp180-an juta. Namun dengan adanya kunjungan-kunjungan, nantinya pemerintah akan menaikkan target PAD Kemukus berapa kali lipat,” kata Suparno dalam wawancara terpisah beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya