SOLOPOS.COM - Bus Tingkat Werkudara (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO — Tarif bus tingkat Werkudara dan Mayapada naik setelah tidak ada perubahan tarif sejak peluncuran pertama 2011 mulai, Jumat (27/1/2023).

Berdasarkan flyer bus tingkat Werkudara dan Mayapada yang dikelola UPTD Dinas Perhubungan (Dishub) Solo disebutkan tiket bus Rp25.000/orang dan Rp1 juta untuk carter keliling Kota Solo. Tarif sebelumnya, Rp20.000/orang dan Rp800.000 untuk carter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rute pemberangkatan, yakni Kantor Dishub Solo, Jl. MT Haryono, Overpass Manahan, Jl. Dr Moewardi, Gendengan, Jl. Slamet Riyadi, Jl. Jenderal Sudirman, Balai Kota Solo, Pasar Gede Solo, Panggung, Jl. Kolonel Soetarto, Tugu Cembengan, Jl. Ir. Sutami, dan Jurug.

Rute pulang dari Jurug, Jl. Ir. Sutami, Tugu Cembengan, Jl. Kolonel Soetarto, Panggung Ringin Semar, Jl. Monginsidi, Gilingan,  Jl. A Yani, Tugu Wisnu, Jl. Adi Sucipto, Manahan, Jl. Menteri Supeno, Dishub Solo.

Kepala Dishub Kota Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan tarif bus tingkat naik baru kali pertama sejak diluncurkan 2011. Bus tingkat Werkudara dan Mayapada tidak menggunakan solar namun Pertamina Dex.

“BBM yang digunakan bukan solar tapi Pertamina Dex. Untuk pelayanan kepada masyarakat dalam rangka wisata minimal untuk menutup cost operasional,” kata dia.

Dia mengklaim tarif bus tingkat Werkudara dan Mayapada masih terjangkau. Adapun konsumsi BBM bus tingkat Mayapada 1 km/liter. Biaya operasional, antara lain, ada beban perawatan dan beban gaji driver.

Menurut dia, jumlah trip bus tingkat Werkudara dan Mayapada sebanyak 25 sampai 30 trip per bulan. Kebanyakan wisatawan menggunakan layanan bus tingkat Werkudara dan Mayapada pada akhir pekan.

“Selain untuk pengenalan wisata Kota Solo, ada efek berganda. Wisatawan datang ke Solo, orang masuk destinasi wisata solo, jajanan ramai,” paparnya.

Catatan Solopos.com keluarga Presiden Jokowi mengunjungi Kompleks Balai Kota Solo dan Masjid Raya Sheikh Zayed dengan men-carter bus tingkat Werkudara, Solo, Selasa (6/12/2022) sore.

Keluarga Presiden Jokowi yang ikut acara jalan-jalan itu di antaranya Ibu Negara Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, Muhammad Bobby Afif Nasution, Panembahan Al Saud Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution.

Kemudian Sedah Mirah Nasution, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra, dan La Lembah Manah.

Laman resmi Pemkot Solo menjelaskan bus tingkat bukan merupakan hal baru bagi masyarakat Kota Solo. Pada era tahun 1980-1990-an, Kota Solo sempat memiliki layanan bus tingkat reguler yang dioperasionalkan oleh Damri. Dengan adanya Werkudara, seakan-akan Solo mengingatkan kembali bus tingkat yang telah melegenda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya