SOLOPOS.COM - Warga berbelanja sayuran di los milik Sri Giman di dalam Pasar Bunder Sragen saat hari H Natal, Jumat (25/12/2020). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Harga telur di Pasar Bunder Sragen saat Hari Natal 2020, Jumat (25/12/2020), turun dari Rp25.000/kg menjadi Rp22.500/kg. Sementara harga sayuran relatif naik, seperti harga kubis, wortel, dan cabai.

Seorang pedagang telur di Pasar Bunder Sragen, Ratna, saat ditemui Solopos.com, Jumat siang, menyampaikan harga telur saat Natal ini justru turun. Dia menyampaikan sepekan lalu harga masih Rp25.000/kg tetapi sekarang tinggal Rp22.500/kg. Turun harga itu terjadi hampir setiap hari. Ratna mengatakan awalnya turun Rp300 per kg, kemudian turun lagi Rp1.000/kg, lalu turun lagi Rp700 per kg dan terakhir turun Rp300-Rp500/kg.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Kami tidak tahu mengapa harga telur turun. Kalau permintaan mungkin tidak banyak. Untuk stok barang aman dan tersedia setiap waktu. Dalam sehari saya bia menjual sampai dua ton yang disetorkan kepada para bakul-bakul. Untuk eceran tidak begitu banyak karena harga berubah setiap saat. Adanya Covid-19 memang berpengaruh tetapi tak signifikan,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Bantuan Jadup Korban Covid-19 Sragen Hanya untuk Keluarga Terkonfirmasi

Produksi Telur

Seorang pedagang di Pasar Bunder, Rusmiyati, mengatakan naik turun harga telur itu sebenarnya tidak terpengaruh dengan Natal atau Tahun Baru. Rus mengetahui hal itu saat berdialog dengan peternak ayam petelur. Dia mengatakan naik turunnya harga telur itu dipengaruhi oleh banyak sedikitnya produksi telur di tingkat peternak. Kalau produksinya banyak, kata dia, harga turun saat produksi sedikit maka harga naik.

“Desember itu sudah proses pergantian ayam baru sehingga kecenderungan stok telur naik sehingga harga turun,” katanya.

Peluang Usaha Budidaya Kopi Sistem Agroforestri

Pedagang sayuran di Pasar Bunder Sragen, Sri Giman, mengatakan berbeda dengan harga telur, harga sayuran cenderung naik pada Hari Natal, terutama cabai. Dia menyampaikan harga cabai rawit serat sekarang Rp47.000/kg padahal sebelumnya Rp30.000/kg. Dia menyebut cabai merah juga naik dari sebelumnya Rp40.000/kg menjadi Rp60.000/kg. Sementara untuk bawang putih juga naik dari Rp18.000/kg menjadi Rp23.000/kg.

“Wortel juga naik dari Rp3.000/kg menjadi Rp7.000/kg, kol naik dari Rp5.000/kg menjadi Rp10.000/kg. Naiknya harga sayuran itu mungkin karena Natal. Seperti pada Natal tahun lalu juga selalu naik. Naiknya sudah sekitar sepekan yang lalu. Bagi pedagang seperti saya yang penting jualan dan laku,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya