SOLOPOS.COM - Pedagang daging sapi di Pasar Gede melayani pembeli, Senin (13/9/2015). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Harga sembako Solo, harga daging mencapai Rp100.000/kg membuat permintaan anjlok

Solopos.com, SOLO–Permintaan daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Solo anjlok dalam beberapa bulan terakhir. Harga yang masih tinggi diduga menjadi penyebab sebagian konsumen mengurangi konsumsi daging sapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data yang dihimpun Solopos.com di Pasar Gede, Senin (14/9/2015), harga daging sapi kualitas biasa dijual seharga Rp100.000/kilogram (kg). Sementara, daging sapi kualitas super dijual seharga Rp110.000/kg. Sedangkan, jeroan daging sapi Rp65.000/kg.

Salah satu pedagang, Tatik, mengatakan harga daging sapi belum kunjung turun semenjak momen Lebaran pada Juli lalu. Sebelumnya, harga daging sapi hanya berkisar Rp85.000/kg.
“Sejak Lebaran hingga sekarang harganya belum turun sama sekali. Biasanya tahun kemarin itu turun, tapi enggak tahu kenapa sampai sekarang harganya masih sama. Ini sekarang jadi sepi pembeli,” keluhnya saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Senin.

Dia mengaku heran dengan tingginya harga daging tersebut. Sebab, kenaikan harga tersebut membuat konsumen berpikir dua kali untuk membeli daging. Selain melayani pembeli langsung, dia juga memiliki langganan dari rumah makan. Biasanya, dia mampu menjual hingga satu kuintal daging per hari, akhir-akhir ini hanya sampai 25 kg.

Sementara, sejumlah bumbu dapur juga mengalami kenaikan harga. Bawang merah yang sebelumnya Rp12.000/kg, kini naik menjadi Rp15.000/kg. Bawang putih yang semula Rp20.000/kg, kini naik menjadi Rp22.000/kg.

Sementara, bawang bombai masih stabil tinggi pada kisaran harga Rp20.000/kg. Salah satu pedagang, Paniyem, mengatakan kenaikan harga dipicu minimnya pasokan barang ke pasaran.

Sementara, harga sayuran juga masih tinggi. Salah satu pedagang, Rukiyah, mengatakan harga wortel yang semula Rp7.000/kg, kini naik menjadi Rp10.000/kg. Tomat yang semula Rp3.000/kg, kini naik menjadi Rp6.000/kg. Brokoli yang semula Rp12.000/kg, kini menjadi Rp16.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya