SOLOPOS.COM - Penjualan beras di Pasar Bunder Sragen. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Harga sembako untuk komoditas beras merangkak naik menjelang Iduladha

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang Hari Raya Idul Adha, harga beras di beberapa pasar tradisional Bantul mengalami lonjakan. Sebut saja misalnya harga beras IR di pasar Bantul yang naik dari harga Rp8.500 menjadi Rp9.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutiyah, salah satu pedagang di pasar tersebut mengaku, meski harga beras cenderung naik, namun hal itu sama sekali tak mempengaruhi permintaan pasar. Dalam sehari, ia mengaku bisa menjual beras hingga mencapai 3-4 kuintal.

Diakuinya, kenaikan harga itu memang disebabkan oleh menurunnya pasokan beras kepada pedagang di pasar. Setidaknya hal itu sudah terjadi sejak 5 hari yang lalu. “Mungkin karena memang belum panen ya,” katanya.

Meski begitu, pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Bantul menjamin, stok kebutuhan pokok di tingkat pedagang tradisional tetap tercukupi hingga perayaan Hari Raya Idul Adha mendatang.

Ditegaskan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Sulistyanta, kelangkaan stok beras kini memang sudah teratasi. Bahkan dirinya berani menjamin stok beras dan komoditas kebutuhan pokok lainnya tetap tercukup saat Idul Adha mendatang. “Bahkan sampai tiga bulan ke depan,” tegasnya saat dihubungi wartawan, Selasa (22/9/2015).

Tak hanya itu, ia pun menegaskan masyarakat tak perlu merisaukan kabar gagal panennya komoditas bawang merah di Bantul. Pasalnya, kenyataan di lapangan, jumlah stok bawang merah pun masih mencukupi. Diakuinya, kegagalan panen bawang merah di pesisir selatan ternyata hanya beberapa persennya saja. “Sedangkan sisanya masih banyak yang berhasil dipanen kok,” imbuhnya.

Dari pantauan Harian Jogja di beberapa pasar tradisional, harga beras IR kualitas 1 pada kisaran Rp9.000 per kilogram, beras IR kualitas 2 seharga Rp8.500 per kilogram. Sedangkan minyak goreng kemasan dijual kisaran Rp12.500 per liter, minyak curah Rp8.500 per liter, sedangkan harga telur ayam broiler dan daging sapi saat ini masing-masing mencapai Rp19.500 dan Rp10.500 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya