SOLOPOS.COM - Bawang merah

Bawang merah

JOGJA—Harga bawang merah di pasaran naik tajam hingga Rp1.500 per kilogram hanya dalam waktu tiga hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kenaikan harga bawang merah juga terjadi di pasar Beringharjo Jogja. Maria salah satu pedagang bawang, Kamis (19/3) menyatakan, harga bawang merah kualitas biasa saat ini dijual seharga Rp8.000-Rp9.000 per kilogram, dari sebelumnya hanya Rp7.500-Rp8.000 per kilogram.

Pedagang terpaksa menaikan harga jual barang menyesuaikan harga yang dijual oleh pengepul. “Biasanya saya beli di pengepul cuma Rp6.500, Rp7.000 jualnya Rp7.500-Rp8.000,” ungkapnya.

Menurut dia, kenaikan harga tersebut terjadi karena pasokan bawang di tingkat petani menipis sementara panen masih lama. Bawang-bawang tersebut kebanyakan didatangkan dari luar Jogja seperti Brebes, Solo, Sukoharjo (Jawa Tengah). Sebagian didatangkan dari daerah Kulonprogo, Jogja.

Kenaikan harga bawang juga diakui Agnes pedagang lainnya. Untuk bawang merah kualitas baik mencapai Rp10.000 per kilogram. Sementara bawang merah kualitas biasa seharga Rp8.000-Rp9.000 per kilogram. Selain harganya naik, bawang yang dipasok ke pedagang belakangan ini kualitasnya menurut Agnes kurang baik dibanding sebelumnya. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya