SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji pasar BBM Pertalite. (Dok. JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SEMARANG — PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (Jateng) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman. Kendati, dalam beberapa hari terakhir ramai diberitakan kelangkaan BBM jenis Pertalite di sejumlah SPBU, seiring dengan kenaikan harga BBM jenis Pertamax.

Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBT, Brasto Galih Nugroho, memastikan jika stok Pertalite cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jateng dan DIY dalam kurun 11 hari ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami pastikan stok Pertalite mencukupi, ketahanan stok produk Pertalite cukup hingga 11 hari kedepan. Angka tersebut belum termasuk stok di kilang maupun dalam pengantaran melalui kapal,” ujar Brasto, dalam keterangan resminya, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Waduh! Antrean Pertalite di SPBU Sragen Mengular, Tapi…

Brasto mengatakan saat ini ada sekitar 870 SPBU di Jateng yang melayani penjualan produk Pertalite. “Kami upayakan melakukan build up stok di setiap SPBU. Stok akan selalu kami jaga sesuai dengan permintaan SPBU” jelas Brasto.

Pertamina senantiasa memastikan suplai BBM berjalan dengan baik di bulan Ramadan hingga menjelang Idulftri. Hal ini seiring adanya peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat di Jateng. Pertamina juga melakukan antisipasi terhadap kebutuhan BBM.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan membeli BBM sesuai kebutuhan, meski diakui saat ini kepadatan lalu lintas dan aktivitas masyarakat menjelang Ramadan cukup tinggi sehingga animo konsumen untuk konsumsi BBM juga meningkat,” imbuhnya.

Kendati demikian, Brasto tetap berharap konsumen memilih BBM non-subsidi yang lebih berkualitas seperti Pertamax, yang per 1 April 2022 kemarin harganya naik dari Rp9.000 per liter menjadi Rp12.500 per liter. Pertamax merupakan bahan bakar bensin dengan kandungan Oktan 92, dan diklaim mampu menghasilkan kinerja mesin yang lebih baik dan bertenaga, rendah emisi, dan irit.

Baca juga: Luhut Beri Sinyal Harga Pertalite Akan Naik, Pertamina Bilang Begini

Adapun pada kendaraan yang menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters, penggunaan BBM beroktan tinggi seperti Pertamax sangat dianjurkan. Pertamax disebut tidak mengandung timbal, sehingga diklaim bisa memperpanjang usia mesin kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya