SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat-lihat mobil bekas (mobkas) yang dijual di Bursa Mobil Bekas Sriwedari, Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (18/6/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Harga mobil bekas kini makin mahal.

Hal itu karena kelangkaan mikrocip atau semikonduktor untuk mobil baru. Selain itu, faktor permintaan yang tinggi ini diperparah oleh tingginya kebutuhan terhadap kendaraan roda empat yang semakin mendesak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dua faktor itulah yang dinilai memiliki andil paling besar dalam mengerek harga mobil bekas alias mobil seken dalam 1-2 tahun terakhir.

Pengamat Otomotif Bebin Djuana mengatakan bahwa kondisi aktivitas masyarakat yang semakin longgar, pekerja diwajibkan ke kantor, hingga sekolah tatap muka 100% membuat masyarakat butuh alat transportasi.

“Dari situ saja terlihat kebutuhan akan kendaraan meningkat. Saya melihat sesuatu hal yang sangat wajar,” katanya kepada Bisnis, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Bebin menjelaskan di saat publik sangat butuh mobil, tapi produk barunya tidak ada, maka kendaraan bekas menjadi solusi terbaik.

Meski begitu, dia melihat Indonesia masih lebih baik. Di negara besar yang penjualan mobilnya tinggi, stok agen banyak yang kosong.

Bahkan, Bebin bercerita dirinya mendapat kabar dari seorang kawan yang tinggal di luar negeri, bahwa inden mobil baru bisa memakan waktu dua tahun.

“Memang sejak pertengahan 2021 fenomena ini sudah terlihat. Hanya, di negara kita belum terasa. Di luar sana sudah teriak. Mau mobil baru tidak ada barang,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa penjual mobil bekas baik konvensional maupun dari aplikasi penyedia jasa yang ditanya mengakui ada peningkatan permintaan mobil bekas dan kenaikan harga.

Stok mobil baru terbatas hingga modal yang sudah naik menjadi penyebabnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Kenapa Harga Mobil Bekas Makin Mahal?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya