Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek Pantauan Hari Ini

Harga minyak goreng curah di wilayah Jawa-Bali sudah terpantau di bawah HET pada Jumat (13/8/2022).
SHARE
Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek Pantauan Hari Ini
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Kementerian Perdagangan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter. (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Harga minyak goreng curah di Jawa-Bali terpantau sudah di bawah harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter.

Berdasarkan pantauan harian Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan di 216 pasar di seluruh Indonesia, per 13 Agustus 2022, harga minyak goreng curah Jawa-Bali Rp12.895/liter atau turun 3,72% dibandingkan bulan lalu.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Sementara, rata-rata harga nasional minyak goreng curah telah mencapai level harga Rp14.000-Rp14.100/liter, turun sebesar 8,63% dibandingkan bulan lalu.

Rata-rata harga di seluruh provinsi juga menunjukkan tren penurunan, seperti di wilayah Sumatra Rp13.166/liter; Sulawesi Rp13.592/liter; Kalimantan Rp13.821/liter; serta Maluku dan Papua sebesar Rp18.533/liter.

Baca Juga: Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Yogyakarta Paling Rendah, Setuju?

Adapun harga minyak goreng curahdi wilayah selain pulau Jawa-Bali, Sumatra, dan Kalimantan yang masih belum sesuai HET menggambarkan adanya tantangan logistik yang dihadapi dalam proses pendistribusian minyak goreng curah rakyat di Indonesia bagian timur.

Sementara itu, minyak goreng curah rakyat (MGCR) sudah tersedia di 19.250 pengecer mitra Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yang tersebar di 278 kabupaten/kota di 27 provinsi dengan tanda khusus/spanduk HET.

Baca Juga: Harga Pangan Rabu 10 Agustus 2022, Minyak Hingga Cabai Turun Harga

Sebagai upaya mengoptimalkan distribusi minyak goreng domestic market obligation (DMO) agar sampai ke seluruh wilayah Indonesia, pemerintah memperluas cakupan pendistribusian yang sebelumnya minyak goreng curah menjadi minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan rakyat.

MGCR harus menggunakan merek Minyakita dan mencantumkan HET Rp14.000 per liter. Sampai dengan 8 Agustus 2022 terdapat sebanyak 109 perusahaan telah mendapatkan persetujuan penggunaan merek Minyakita dari Kementerian Perdagangan dan akan terus bertambah mengingat animo perusahaan terhadap pelaksanaan program ini yang baik.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Harga Minyak Goreng Curah Hari Ini, Terus Turun di Bawah HET

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode