SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–Perum Bulog resmi ditunjuk untuk mendistribusikan minyak goreng curah Rp14.000 per liter.

Perum Bulog akan memperbanyak pengecer di pasar tradisional dan pelayanan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan untuk lebih jauh pihaknya masih membahas mengenai mekanisme pengadaan dan distribusi minyak goreng curah tersebut.

“Masih pembahasan. Kami masih koordinasi dengan produsen minyak goreng untuk kepastian suplai,” ujar dia, Kamis (28/4/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, Bulog nantinya ditugaskan untuk distribusi 10% sampai 20% dari kebutuhan minyak goreng curah nasional. Sembari menunggu final mekanisme distribusi dan suplainya, Suyamto menjelaskan bahwa perusahaan pelat merah itu saat ini sedang mendistribusikan 2 juta liter ke seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bulog Resmi Salurkan Minyak Goreng Subsidi

“[Meskipun] Saat ini kami sudah melakukan distribusi dengan pola bisnis to bisnis,” tuturnya.

Adapun, terkait anggaran dan besaran subsidi dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Suyatmo enggan membeberkannya.

Hal tersebut masih dalam proses pembahasan antar instansi. “Masih pembahasan, lebih baik konfirmasi langsung dengan BPDPKS,” imbuh dia.

Selain melibatkan Bulog, pemerintah pun menugaskan Bea Cukai dan BPDPKS agar kebijakan pelarangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng efektif. Kemudian, pengawasan pun akan dilakukan Satgas Pangan.

Sebelumnya, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan pihaknya akan siap jika ditugaskan sebagai distributor utama minyak goreng jika ditugaskan pemerintah.

Baca Juga: Dewan Minyak Sawit Minta Subsidi Migor ke Bulog, Ini Alasannya

Menurut Novita, infrastruktur Bulog sudah cukup memadai jika diperluas perannya dalam distribusi migor. Sebab, kata dia, Bulog mempunyai rantai distribusi dari pusat hingga kecamatan.

“Kita kalau bicara jalur distribusi, kantor punya pegawai punya sampai kecamatan. Jika dibutuhkan mobil tangki untuk menyalurkan ada juga karena kita punya juga anak perusahaan anak angkutan tangka minyak,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (21/4/2022).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Strategi Bulog Agar Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 Per Liter

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya