SOLOPOS.COM - Ilustrasi bawang merah (Juli Nugroho/JIBI/Bisnis)

Harga komoditas bawang merah di Jateng masih belum stabil.

Semarangpos.com, SEMARANG – Harga komoditas bawang merah di pasar tradisional Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) dalam beberapa hari mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Harga bawang merah yang semula Rp13.000 per kilogram kini naik menjadi Rp20.000 per kilogram.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang pengepul bawang merah di Pasar Legi Parakan, Yanto, mengaku naiknya harga bawang merah ini tak terlepas dari minimnya pasokan hasil panen bawang merah di daerah tersebut yang relatif sedikit. Pasokan yang sedikit ini karena sebagian petani mengalami gagal panen sehingga produksinya menurun hingga 30 persen.

“Panen kali ini termasuk awal, kebutuhan bawang merah masih tinggi jadi harganya juga terus mengalami kenaikan, normalnya harga bawang merah berkisar Rp11.000 hingga Rp15.000 per kilogram,” kata Yanto, Sabtu (27/2/2016).

Kegagalan panen itu, lanjut Yanto, karena faktor cuaca yang terjadi selama musim tanam hingga panen kurang mendukung. Curah hujan terlalu tinggi membuat pertumbuhan bawang merah menjadi kurang baik dan secara otomatis mengurangi produksi hingga turun 30 persen daripada tahun lalu.

Selain itu ,belum ada pasokan bawang merah dari luar daerah sehingga harga bawang merah terus mengalami kenaikan dalam dua pekan terakhir. Ia memprediksi jika daerah lain sudah panen raya maka harga bawang merah biasanya kembali normal.

Yanto mengaku mendapatkan pasokan bawang merah dari beberapa daerah di wilayah Kecamatan Kledung dan Bansari, antara lain dari Desa Kwadugan Gunung, Kwadungan Jurang, Kruwisan, Petarangan, Banaran, Tlogowero, dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Bansari.

Pedagang yang lain, Haryono (38), mengatakan bawang merah dari wilayah Kecamatan Kledung dan Bansari tersebut nantinya dikirim ke daerah lain, seperti Bandung dan Surabaya, “Biasanya petani mengambil benih bawang merah karet dari Malang dan Jawa Barat, hasilnya kembali dikirim ke daerah tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya